Kompas.com - 24/11/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang jadi momok kesehatan karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, sampai gagal ginjal.

Tak pelak, ketika ada orang terdekat terkena penyakit ini, banyak orang ketar-ketir sembari bertanya-tanya, apakah diabetes penyakit keturunan?

Simak penjelasan berikut untuk memahami kaitan antara penyakit diabetes dan faktor keturunan.

Baca juga: 8 Obat Diabetes Melitus dan Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Apakah diabetes penyakit keturunan?

Seperti kekhawatiran banyak orang, diabetes adalah penyakit yang potensial menurun dan perlu diwaspadai.

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), jika Anda memiliki ibu, ayah, saudara kandung yang mengidap diabetes, besar kemungkinan Anda terkena pradiabetes atau diabetes, terutama diabetes tipe 2.

Terlebih jika Anda memiliki faktor penyebab diabetes lain seperti obesitas atau berat badan berlebih, pola makan sering tidak sehat, banyak duduk atau kurang gerak, dan jarang olahraga.

Maka, risiko atau peluang Anda terkena penyakit kronis diabetes juga bakal semakin tinggi dibandingkan orang yang hanya berasal dari keluarga penderita diabetes saja.

Dikutip dari EverydayHealth, di banyak kasus, diabetes terutama diabetes melitus tipe 2 biasanya muncul karena kombinasi faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Artinya, faktor keturunan yang dimaksud bukan sekadar peran genetik, melainkan dipengaruhi gaya hidup bersama di dalam keluarga.

Misalkan pola makan sehari-hari, minimnya akses kesempatan berolahraga karena tempat tinggal jauh dari tempat olahraga, atau tidak ada budaya olahraga di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.