Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Depresi akan Sembuh? Begini Faktanya…

Kompas.com - 21/05/2023, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Depresi akan membuat penderita merasa sedih, cemas, dan tidak berdaya secara terus-menerus. Lalu, apakah depresi akan sembuh?

Ternyata, meskipun tidak bisa sembuh secara total, terdapat pengobatan dan perawatan yang bisa didapatkan untuk mengurangi gejala yang muncul.

Sebaliknya, kondisi ini akan semakin parah ketika penderita depresi tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang diperlukan.

Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan berikut ini dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala depresi yang muncul.

Baca juga: 5 Penyebab Depresi Kambuh dan Cara Mengatasinya

Meskipun gejala khas depresi, seperti kesedihan atau keputusasaan, mudah dikenali, ada gejala yang mungkin kurang terlihat.

Apakah depresi akan sembuh?

Dilansir dari Medical News Today, depresi tidak bisa disembuhkan secara total, namun pengobatan dan perawatan yang didapatkan bisa mengurangi gejala yang muncul.

Depresi umumnya akan membaik dalam jangka waktu 10 bulan dengan gabungan obat, psikoterapi, dan perawatan lainnya.

Namun, penderita akan memerlukan waktu yang lebih lama jika mengalami kondisi kesehatan lainnya, seperti bipolar.

Sebaliknya, gejala depresi yang dialami akan semakin buruk jika penderita membiarkannya tanpa mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

Meskipun begitu, gejala yang dialami oleh penderita depresi ringan bisa membaik dengan sendirinya tanpa mengonsumsi obat atau melakukan perawatan tertentu.

Baca juga: 10 Gejala Depresi Kambuh Kembali dan Cara Mencegahnya

Cara mengatasi depresi

Jenis dan tingkat keparahan akan menentukan berapa lama gejala depresi dialami. Namun, mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat bisa meringankan gejalanya.

Bahkan menurut Cleveland Clinic, hampir 90 persen penderita yang mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat menunjukkan kondisi yang semakin baik sebagai cara mengatasi depresi, seperti:

  • Melakukan psikoterapi, seperti terapi kognitif perilaku (CBT), untuk mengetahui serta mengubah emosi, pikiran, dan perilaku yang tidak sehat
  • Mengonsumsi antidepresan untuk mengubah kimiawi otak yang jadi penyebab depresi
  • Melakukan prosedur medis lainnya, seperti akupunktur dan hipnosis
  • Melakukan terapi stimulasi otak untuk penderita depresi yang lebih parah atau diiringi dengan psikosis, seperti delusi dan halusinasi

Selain mendapatkan pengobatan dan perawatan secara medis, ada juga pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala depresi, seperti:

  • Berolahraga secara teratur
  • Mendapatkan tidur yang berkualitas, atau tidak terlalu lama dan tidak terlalu singkat
  • Makan makanan yang sehat
  • Menghindari konsumsi minuman beralkohol
  • Menghabiskan waktu dengan orang yang terdekat atau dicintai

Mengetahui apakah depresi akan sembuh atau tidak sangatlah penting agar Anda bisa mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Meskipun tidak bisa disembuhkan secara total, gejala yang muncul bisa dikurangi.

Depresi umumnya akan kambuh kembali sehingga Anda diimbau untuk mengonsumsi obat dan melakukan perawatan sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Anda juga diimbau untuk segera mencari bantuan medis ketika gejalanya muncul kembali atau bertambah parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com