Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Kolesterol Tinggi Minum Kopi Pahit? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 15/03/2024, 05:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kopi adalah salah satu jenis minuman favorit yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, bolehkah kolesterol tinggi minum kopi pahit?

Ternyata, penderita kolesterol tinggi diimbau untuk minum kopi pahit terlalu banyak karena dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Namun, kopi pahit yang dibuat dengan cara tertentu masih tetap aman untuk dikonsumsi oleh para penderita kolesterol tinggi, seperti dengan filter dan kopi tanpa kafein.

Untuk lebih jelasnya, ketahui efek kopi terhadap kolesterol dan jenis kopi yang aman untuk kolesterol berikut ini.

Baca juga: Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Minum Kopi? Berikut 10 Daftarnya…

Bolehkah kolesterol tinggi minum kopi pahit?

Ternyata, penderita kolesterol tinggi diimbau untuk menghindari atau membatasi konsumsi kopi pahit karena bisa memengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dilansir dari Medical News Today, konsumsi kopi hitam secara berlebihan dapat meningkatkan kadar low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol jahat, sehingga tidak dianjurkan oleh penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, orang-orang yang memiliki kolesterol tinggi perlu memperhatikan jenis dan metode pengolahan kopi.

Pasalnya, beberapa cara mengolah kopi tidak dapat menghilangkan minyak alami yang ada pada biji kopi, atau dikenal dengan diterpenes, seperti cafestol dan kahweol.

Minyak alami pada kopi ini ternyata dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca juga: Apakah Kopi Hitam Tanpa Gula Bagus untuk Jantung? Ini Penjelasannya…

Kopi yang aman untuk kolesterol

Memilih jenis dan metode pengolahan kopi yang aman sangatlah penting agar tidak berdampak buruk pada kadar kolesterol di dalam tubuh.

Dilansir dari WebMD, kopi pahit yang diseduh dengan menuangkan air panas pada bubuk kopi perlu dihindari karena tidak dapat menyaring minyak alami pada kopi sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat.

Selain menyeduh kopi secara langsung, beberapa metode pengolahan kopi yang tidak menghilangkan kandungan minyak alaminya, yakni:

  • French press
  • Kopi Turki atau Turkish coffee
  • Pour-over

Sebaliknya, penggunaan filter kopi seperti yang kerap ditemui di tempat-tempat yang menjual kopi dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada kopi.

Metode ini lebih disarankan karena tidak akan memengaruhi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Penderita kolesterol tinggi juga diimbau untuk memilih jenis kopi tanpa kafein, atau decaf, karena dianggap tidak akan meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Meskipun kaitannya belum dapat dibuktikan secara ilmiah, memilih jenis kopi decaf lebih disarankan agar kadar kolesterol di dalam tubuh tetap stabil.

Jadi, bolehkah kolesterol tinggi minum kopi pahit?

Ternyata, Anda yang memiliki kolesterol tinggi tetap dapat mengonsumsi kopi dalam batas wajar dengan tetap memperhatikan metode dan jenis kopi yang dipilih.

Anda juga diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari empat cangkir sehari, atau setara dengan 400 miligram (mg) kafein, untuk menghindari efek samping yang mungkin akan muncul, termasuk peningkatan irama denyut jantung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com