Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kopi Hitam Tanpa Gula Bagus untuk Jantung? Ini Penjelasannya…

Kompas.com - 04/03/2024, 18:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber WebMD,Health

KOMPAS.com - Minum kopi hitam tanpa gula tidak hanya akan menghindarkan rasa kantuk, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan tubuh. Namun, apakah kopi hitam tanpa gula bagus untuk jantung?

Ternyata, minum kopi hitam tanpa gula setiap hari sehat untuk jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Bahkan, minum kopi hitam tanpa gula secara rutin tidak akan berdampak negatif pada kesehatan jantung sehingga dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kopi untuk jantung dan batas konsumsi kafein per hari yang disarankan berikut ini.

Baca juga: Apa Efek Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari? Berikut 9 Daftarnya…

Apakah kopi hitam tanpa gula bagus untuk jantung?

Minum kopi hitam tanpa gula secara rutin ternyata bagus untuk kesehatan jantung.

Dilansir dari Health, minum dua hingga tiga cangkir kopi hitam setiap hari sudah terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke hingga 20 persen dan risiko artimia hingga 17 persen.

Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti mengenai bagaimana efek kopi terhadap kesehatan jantung.

Beberapa ahli percaya bahwa kandungan polifenol pada kafein di dalam kopi dapat mengubah metabolisme di dalam tubuh, seperti meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan flora usus.

Efek tersebut juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung kongestif, dan stroke.

Kafein di dalam kopi dapat menghentikan reseptor tubuh yang mengikat adenosine, atau molekul yang dapat memengaruhi sel jantung dan meningkatkan risiko aritmia.

Mengingat manfaat yang didapatkan tersebut, Anda dapat minum kopi hitam tanpa gula secara rutin, termasuk jika memiliki riwayat penyakit jantung.

Minum kopi hitam tanpa tambahan gula bisa menjadi bagian dari diet sehat yang akan mendukung fungsi tubuh secara maksimal.

Baca juga: Lebih Sehat Kopi Hitam Apa Kopi Susu? Berikut Penjelasannya…

Batas konsumsi kafein per hari

Minum kopi hitam tanpa gula setiap hari umumnya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang serius pada orang dewasa.

Namun, Anda yang memiliki riwayat medis tertentu atau lebih sensitif terhadap kafein diimbau untuk membatasi jumlah kopi yang diminum per hari.

Dilansir dari WebMD, Anda diimbau untuk tidak minum kopi lebih dari 400 miligram (mg) per hari, atau setara dengan tiga hingga lima cangkir kopi saja.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com