Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Pikun

Kompas.com - 28/03/2024, 08:02 WIB
Rini Agustin,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Blackberry merupakan buah yang sering dijadikan pemanis pada makanan atau minuman. Selain rasanya yang enak, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Sudah sejak ribuan tahun lalu buah blackberry dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

Baca juga: 6 Buah Terbaik untuk Menjaga Jantung Sehat Selama Buka Puasa

Buah dengan rasa manis dan asam ini banyak ditemukan di Amerika, Eropa, dan sebagian wilayah Asia. Meski bernama “hitam”, buah blackberry aslinya memiliki warna ungu gelap.

Sama seperti buah beri lainnya, blackberry kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan gizi inilah yang membuat blackberry memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi buah blackberry

Melansir dari Food Data Central USDA, dalam setiap 100 gram buah blackberry terdapat kalori sebesar 43 kcal dengan sejumlah kandungan gizi yang meliputi:

  • Karbohidrat: 9,61 gram (g),
  • Protein: 1,39 g,
  • Serat: 5,3 g,
  • Air: 88,2 g,
  • Gula: 4,88 g,
  • Kalsium: 29 miligram (mg),
  • Kalium: 162 mg.
  • Vitamin C: 21 mg.
  • Magnesium: 20 mg.
  • Mangan: 0,66 mg.

Selain kandungan gizi tersebut, blackberry memiliki komponen antioksidan dan indeks glikemik rendah.

Buah blackberry juga mengandung vitamin A, vitamin B, selenium, zinc, serta aneka antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan antosianin. Warna ungu gelap buah blackberry berasal dari kadar antosianinnya yang tinggi.

Tak heran jika banyak yang tertarik untuk mengonsumsi buah ini walaupun perlu merogoh kocek lebih banyak untuk membelinya.

Baca juga: Apa Manfaat Buah Apel Merah? Berikut 10 Daftarnya…

Manfaat buah blackberry

Setelah mengetahui kandungan dan gizi dalam buah blackberry, melansir dari Cleveland Clinic berikut ini adalah beberapa manfaat buah blackberry yang sayang untuk dilewatkan.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Blackberry adalah sumber vitamin C, vitamin K, dan mangan yang sangat baik. Ketiga kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Dimulai dari Vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, memaksimalkan penyerapan zat besi, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan mencegah berbagai macam penyakit kronis.

Lalu Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mineral yang berperan menjaga kemampuan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik saat beraktivitas.

Sedangkan mangan berperan dalam menghasilkan energi, melindungi sel dari kerusakan, imunitas, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan pembekuan darah.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Kaya akan serat, buah blackberry bagus untuk kesehatan pencernaan. Buah blackberry dapat memenuhi 31 persen kebutuhan serat harian pada tubuh manusia.

Kandungan serat ini dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sakit perut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com