Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kulit Tangan Paling Cepat Terlihat Keriput

Kompas.com - 02/10/2024, 10:32 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Menyamarkan tanda penuaan di wajah sebenarnya relatif mudah. Bisa dengan teknik makeup dan kosmetik atau pun perawatan terkini di klinik kecantikan yang membuat kulit terlihat kencang dan muda. Berbeda halnya dengan kulit di tangan.

Dibandingkan bagian tubuh lain, kulit tangan kita akan berkata jujur tentang usia. Seiring bertambahnya usia, kulit tangan pun terlihat kering, cekung, dan berkerut.

"Ini karena kulit di bagian ini sangat tipis. Kulit yang tipis akan membuatnya tampak lebih keriput," kata dokter kulit Dr.Heather Rogers seperti dikutip dari HuffPost.

Jenis kulit kita juga menentukan seberapa cepat kulit tangan menua. Orang kaukasia memiliki kulit yang paling tipis. Sedangkan orang Mediterania memiliki kulit yang gampang muncul bintik kecokelatan.

"Jika kita punya pigmen, maka akan lebih gampang muncul bintik cokelat. Kulit yang lebih gelap juga menua lebih lambat, tapi umumnya kering, pucat, dan memiliki dermatitis," katanya.

Mereka yang mengonsumsi pengencer darah dan juga kulitnya mudah memar, pada umumnya juga memiliki tangan dan lengan yang lebih cepat menua.

Baca juga: 8 Bahan Perawatan Kulit yang Membantu Mengurangi Keriput

Faktor usia tentu saja berpengaruh besar. Tanda-tanda penuaan di kulit tangan biasanya terlihat jelas di atas usia 50 tahun. Di usia akhir 50 atau saat masuk usia 60, hormon estrogen makin sedikit dan membuat kulit makin tipis.

Menyamarkan penuaan

Tanda penuaan di kulit tangan bisa muncul dalam berbagai bentuk, termasuk bintik kecokelatan, pembuluh darah yang lebih terlihat, kulit kendur, serta kasar.

"Begitu lapisan pelindung kulit di tangan tidak utuh, akan sulit untuk memulihkan lapisan tersebut karena tangan kita bersentuhan dengan banyak hal," kata Rogers.

"Jadi, saat kulit terasa perih, sensitif, dan gatal, oleskan pelembab yang sangat tebal ke kulit atau mungkin krim steroid yang diresepkan dokter," imbuhnya.

Baca juga: Mengapa Pakai Skincare Saja Tak Cukup Bikin Tampilan Awet Muda

Untuk menjaga kelembaban, oleskan krim kortikosteroid atau pteroleum jelly di malam hari, lalu gunakan sarung tangan katun saat tidur. Produk pelembab khusus tangan juga bisa membantu membuat kulit terlihat lebih berisi.

Krim retinol juga bisa membantu mengurangi tampilan bintik kecoklatan di kulit, serta bisa mendorong produksi kolagen untuk meningkatkan elastisitas sehingga kulit tak terlalu keriput.

Sementara itu, perawatan di klinik kecantikan juga bisa dilakukan. Dokter biasanya memiliki banyak pilihan, mulai dari IPL (intense pulsed light) untuk menyamarkan bintik kecoklatan, laser, hingga chemical peeling.

Perawatan terbaru yang banyak diminati adalah PRP (platelet rich plasma) yang bisa menebalkan kulit dan meningkatkan tampilan kulit.

Pilihan yang lebih efektif adalah suntik dermal filler yang mengandung hyaluronic acid yang akan memberikan kepenuhan pada punggung tangan sehingga terlihat lebih kencang dan muda.

Baca juga: Memutus Siklus Gatal akibat Eksim demi Kulit Lebih Sehat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau