Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2014, 17:38 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com — Mungkin Anda telah mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang sakit, tetapi kenapa Anda masih juga terkena flu? Jawabannya, karena sistem imun sedang melemah. Untuk itu, Anda perlu mengetahui lebih dalam lagi hal-hal yang melemahkan sistem imun, serta cara untuk menghindarinya berikut ini.

1. Kontaminasi udara
Udara di sekitar Anda tidak hanya memengaruhi kesehatan paru-paru, tetapi juga imunitas. Penelitian menunjukkan, udara yang terkontaminasi menekan kinerja sel T yang merupakan komponen sistem imun paling penting. Menurut Frances Goulart, penulis buku Super Immunity Foods, memasang pemurni udara di rumah dapat membantu menjadikan udara terbebas dari mikroba penyebab penyakit, paling tidak di dalam ruangan.

2. Duduk sepanjang hari
Kegiatan ini akan memperlambat laju metabolisme yang menyebabkan tubuh menyerap nutrisi lebih lambat pula. Padahal, kata Joel Fuhrman, penulis buku Super Immunity, nutrisi sangat dibutuhkan oleh sistem imun untuk bekerja lebih optimal. Karena itu, pastikan setiap jam Anda bangkit untuk berdiri dari duduk, paling tidak selama lima menit. Tujuannya adalah untuk meningkatkan laju metabolisme Anda.

3. Salah pilih produk kecantikan
Produk-produk kecantikan ada pula yang mengandung bahan artifisial bersifat toksik. Pemakaian berbagai produk ini akan menurunkan fungsi sistem imun. Oleh karena itu, Goulart menyarankan supaya Anda lebih selektif dalam memilih produk yang Anda gunakan. "Pilihlah yang alami karena lebih aman," ujarnya.

4. Terlalu banyak makan junk food
Tepung pada junk food biasanya akan mengganggu kerja sel T dan sel B yang merupakan komponen sistem imun pelawan penyakit. Maka sebaiknya, pilihlah tepung yang terbuat dari gandum utuh yang lebih bersahabat dengan sistem imun.

5. Kurang tidur
Saat kurang tidur, maka sistem imun akan bekerja dengan kurang efektif. Pasalnya, tubuh akan memproduksi lebih sedikit melatonin yang memperbaiki kerja sistem imun. Oleh karenanya, pastikan untuk tidur paling tidak tujuh hingga delapan jam sehari.

6. Terlalu banyak makan protein
Protein berlebihan, terutama yang berasal dari hewan, menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak hormon IGF1 yang diketahui mempercepat penuaan dan mengganggu kerja sistem imun. Menurut Fuhrman, sebaiknya asupan protein hewani dalam diet tidak lebih dari 10 persen dari total kalori setiap harinya.

7. Menyendiri
Orang yang kesepian cenderung lebih mudah stres sehingga dampaknya pun terasa pada sistem imun. Menurut Sheldon Cohen, psikolog di Carnegie Mellon University, penting hukumnya untuk menjadwalkan waktu berkualitas dengan teman, rekan, bahkan tetangga guna memperkuat sistem imun.

8. Kecanduan kafein
Minuman berkafein seperti kopi atau teh memang dapat memberikan rasa awas sehingga tidak jarang orang bergantung padanya ketika tengah merasa mengantuk atau tidak bersemangat. Namun, ketika sudah dalam tingkat kecanduan, kafein akan berdampak buruk pada sistem imun. Maka batasilah konsumsi kafein, empat cangkir sehari adalah jumlah yang paling optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com