Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Air Saat Bangun Tidur Bantu Pelangsingan Badan

Kompas.com - 25/11/2016, 12:30 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Upaya penurunan berat badan bisa mulai dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari. Bukan dengan aktivitas lari pagi, bersepeda, atau latihan kardio. Jauh lebih sederhana dari itu, yaitu dengan minum segelas air putih.

Seperti dikutip dari Mirror.co.uk, ahli gizi Rania Batayneh mengatakan, minum segelas air putih setelah bangun tidur dapat memulai proses metabolisme tubuh. Minum air putih ibarat alarm bagi tubuh, yang akan memberi tahu kita telah terjaga dan siap aktif kembali. Hal ini penting untuk pembakaran kalori sehingga membantu penurunan berat badan.

Minum air putih membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan membantu penyerapan nutrisi ke seluruh tubuh. Dengan begitu, seseorang yang cukup minum air putih tidak akan merasa kelaparan berlebihan dan mencegah keinginan untuk mengunyah camilan.

"Ketika kita tidak cukup terhidrasi, kita akan merasa haus dan lapar, yang akhirnya membawa kita untuk makan lebih banyak," kata Rania.

Rania mengatakan, air merupakan asupan terbaik saat perut kosong di pagi hari dan menjaga keseimbangan tubuh. Dengan cukup minum air putih sepanjang hari, juga dapat mengusir lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Jadi, bukan mengurangi konsumsi air putih jika ingin menurunkan berat badan. Yang perlu dilakukan adalah hentikan kebiasaan banyak minum minuman manis dan makanan tinggi lemak.

Kunci untuk penurunan berat badan yang optimal, lakukanlah diet bergizi seimbang dan olahraga teratur. Dua hal tersebut merupakan langkah utama dalam menjaga berat badan ideal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com