Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tidak Boleh Tidur Sore? Kenali Alasannya dari Sisi Kesehatan

Kompas.com - 24/07/2023, 13:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Tidur sore kerap dilarang karena dianggap tidak baik untuk kesehatan. Namun, kenapa tidak boleh tidur sore?

Tidur di sore hari ternyata dapat menyebabkan disorientasi serta sakit kepala ketika bangun dan mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Untuk lebih memahaminya, ketahui alasan kenapa tidak boleh tidur sore dari sisi kesehatan dan cara menghindarinya berikut ini.

Baca juga: 3 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Kenapa tidur boleh tidur sore?

Tidur di sore hari kerap dilakukan untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Namun, tidur sore dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Melansir Mayo Clinic Health System, ada dua alasan kenapa tidur boleh tidur sore, yakni:

  • Menyebabkan sleep inertia

Sleep inertia adalah kepala terasa sakit dan tubuh mengalami disorientasi ketika bangun tidur.

Kondisi ini kemudian akan menurunkan kemampuan kognitif dan suasana hati sehingga akan tidak dapat melanjutkan aktivitas seperti biasa.

  • Mengganggu tidur di malam hari

Tidur di sore hari akan menyebabkan gangguan tidur di malam hari, seperti insomnia.

Tidur sore yang terlalu lama juga akan membuat kualitas tidur di malam hari menurun sehingga tubuh tidak akan terasa segar ketika bangun di pagi hari.

Namun selain itu, beberapa orang menganggap bahwa tidur di sore hari dapat menggantikan waktu tidur yang hilang di malam hari.

Kondisi ini justru akan membuat siklus tidur terganggu dan memicu gangguan tidur kronis yang juga akan berdampak negatif pada kesehatan.

Dilansir dari Cleveland Clinic, beberapa masalah kesehatan yang akan muncul, yakni diabetes, depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penurunan imun tubuh, dan obesitas.

Untuk menghindarinya, Anda diimbau untuk tidur siang atau sebelum jam 2 siang dan tidak lebih dari 30 menit.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Tidur Siang Berkualitas

Cara menghindari tidur sore

Mengingat masalah kesehatan yang ditimbulkan, kebiasaan tidur di sore hari perlu dihindari.

Selain menghindari godaan untuk pergi tidur setelah jam 2 siang, Anda bisa melakukan beberapa cara agar tubuh tetap berenergi di sore hari.

Melansir WebMD, ada beberapa cara menghindari tidur sore yang bisa dilakukan, seperti:

  • Melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau berolahraga, agar aliran darah di dalam tubuh lebih lancar dan dapat menghindari rasa kantuk
  • Minum air putih agar terhindar dari dehidrasi dan membuat tubuh lebih segar
  • Makan cemilan ringan, seperti kacang-kacangan, dan menghindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi serta pemanis tambahan karena akan membuat tubuh semakin mengantuk

Dengan mengetahui alasan kenapa tidak boleh tidur sore di atas, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Meskipun begitu, Anda diimbau untuk segera mencari bantuan medis jika Anda mengalami masalah dengan siklus tidur dan terus-menerus merasa mengantuk karena bisa jadi gejala dari kondisi kesehatan yang lebih serius.

Baca juga: 4 Efek Tidur Siang Terlalu Lama untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com