Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2023, 16:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Glycolic acid adalah salah satu jenis asam alfa-hidroksi (AHA) yang sering ditemukan dalam kandungan skincare.

Berbeda dari jenis AHA lainnya seperti asam laktat, bahan aktifnya ternyata dapat dengan mudah menembus ke lapisan kulit bagian dalam. 

Nah, keunggulan kandungan zat yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati ini menghasilkan sederet manfaat glycolic acid untuk kulit wajah. Untuk lebih jelasnya, kenali kegunaan glycolic acid yang kulit lewat artikel berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Glycolic Acid, Manfaat, Penggunaannya untuk Skincare

Manfaat glycolic acid

Manfaat glycolic acid bisa membantu memperbaiki berbagai kondisi kulit jika digunakan dengan tepat. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membuat kulit lebih halus

Mengutip SkinKraft, penumpukan sel kulit mati karena pembersihan yang kurang tepat, pengelupasan kulit yang tidak merata, terpapar sinar matahari, dapat menyebabkan kulit kusam dan lebih tua dibandingkan usia aslinya.

Nah, glycolic acid adalah bahan aktif bekerja sebagai eksfolian untuk membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati pada lapisan atas kulit, sehingga kulit akan tampak lebih halus dan bercahaya.

  • Mencegah penuaan dini

Melansir SkinWellness, kegunaan glycolic acid efektif untuk antipenuaan karena dapat membantu menghilangkan garis-garis halus, meratakan warna kulit, dan mengurangi flek hitam karena bekas jerawat, atau kerusakan kulit akibat terpapat sinar matahari.

  • Membuat kulit lebih kencang

Glycolic acid bisa membantu memperlambat pemecahan kolagen pada kulit, sekaligus merangsang produksi kolagen, sehingga tekstur kulit yang lebih halus dan kencang.

Untuk diketahui, kolagen adalah protein yang terdapat di seluruh tubuh, terutama pada kulit. Produksi kolagen secara alami menurun karena pertambahan usia dan faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari.

Baca juga: Skincare Glycolic Acid Tidak Boleh Dicampur Apa Saja?

  • Membantu menghilangkan jerawat

Kulit yang rentan berjerawat bisa mendapatkan manfaat dari asam glikolat. Jerawat terjadi ketika folikel rambut di pori-pori kulit tersumbat minyak berlebih, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri.

Nah, khasiat glycolic acid untuk jerawat efektif karena bahan ini membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga pori-pori kulit tetap bersih dan timbulnya jerawat baru dapat dicegah.

  • Membuat kinerja skincare lebih optimal

Karena sifatnya yang mampu mengelupas sel-sel kulit mati di wajah, fungsi glycolic acid juga dapat membantu mempersiapkan kulit yang lebih bersih dan sehat.

Ketika kondisi kulit cenderung bersih dan sehat, produk perawatan kulit lainnya bisa diserap secara maksimal.

Tentunya, sederet manfaat glycolic acid di atas bisa optimal jika Anda memakainya dengan cara yang tepat dan rutin.

Baca juga: Apakah Glycolic Acid Aman untuk Ibu Hamil?

Cara pakai glycolic acid untuk skincare yang tepat

Secara umum, skincare dengan kandungan glycolic acid aman digunakan. Namun, tetap ada beberapa cara pakai yang perlu diperhatikan. Melansir VerywellHealth, berikut cara pakai glycolic acid untuk skincare yang tepat:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com