Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengatasi Biduran Kambuh di Malam Hari

Kompas.com - 25/09/2023, 10:50 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penderita biduran acapkali mengeluhkan penyakitnya sering kambuh di malam hari. 

Biduran di malam hari tentunya dapat mengganggu istirahat dan mengurangi kualitas tidur penderitanya. 

Sebelum menyimak beberapa cara mengatasi biduran kambuh di malah hari, ada baiknya Anda mengenali dulu beberapa penyebabnya. 

Baca juga: Apakah Biduran Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut...

Penyebab biduran di malam hari kambuh

Penyebab biduran kambuh di malam hari dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

  • Perubahan suhu tiba-tiba

Melansir Verywell Health, perubahan suhu secara tiba-tiba dalam ruangan seperti udara yang semula dingin berubah menjadi panas dan berkeringat, atau udara mendadak lebih dingin dibandingkan biasanya bisa jadi faktor penyebab biduran di malam hari.

  • Alergi

Beberapa alergen atau zat pemicu alergi terkadang tidak disadari bisa memicu biduran kambuh di malam hari, di antaranya penggunaan pakaian atau seprai dengan detergen yang tidak cocok di kulit, losion, krim, atau obat tertentu yang dikonsumsi sebelum tidur. 

  • Tekanan atau stres pada kulit

Dilansir dari Healthline, biduran di malam hari juga bisa muncul ketika kulit tertekan atau stres saat terkena tali bra yang terlalu ketat, karet celana, atau terkena lipatan sarung bantal atau selimut.

  • Pengaruh sindrom alpha-gal (AGS)

Dilansir dari ThermoFisherScientific, sindrom alpha-gal juga dikenal sebagai alergi gigitan kutu juga bisa memicu biduran.

Sindrom ini terjadi ketika terdapat reaksi alergi terhadap alfa-gal, yaitu molekul gula yang ada dalam daging mamalia. Sindrom yang ditandai dengan biduran di malam hari yang disebabkan oleh gigitan kutu.

Kutu atau tungau yang menghisap darah mamalia akan menelan alfa-gal. Jika menggigit manusia, binatang ini dapat menularkan molekul ini ke aliran darah manusia. 

Hal ini kemudian dapat memicu reaksi alergi, gatal-gatal, dan ruam jika seseorang mengonsumsi produk mamalia apa pun. Reaksinya dapat berkisar dari gejala biduran ringan,  parah, dan bahkan mengancam jiwa.

Baca juga: 7 Gejala Biduran dan Cara Mengobatinya

Cara mengatasi biduran di malam hari

Seperti penjelasan sebelumnya di atas, penyebab biduran di malam hari dapat muncul karena adanya reaksi terhadap alergen, perubahan suhu, stres, dan tekanan pada bagian tubuh tertentu.

Sehingga, cara mengatasi biduran kambuh di malam hari kuncinya dengan mengetahui dan menghindari sumber penyebab biduran.

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association dan Mayo Clinic, berikut beberapa di antaranya:

  • Coba catat, lacak, dan sebisa mungkin hindari pemicu biduran di malam hari. Jika Anda tahu apa yang memicu biduran Anda seperti makanan atau bahan kimia tertentu, maka cobalah untuk menghindari zat tersebut
  • Pastikan suhu udara di ruangan tetap stabil. Hindari perubahan suhu secara tiba-tiba, contohnya dari tempat yang panas lalu berpindah ke ruangan dingin, atau sebaliknya. Gatal biduran terkait perubahan suhu mendadak biasanya muncul dalam hitungan menit
  • Mandi dan ganti pakaian jika kemungkinan melakukan kontak dengan hewan pemicu gatal-gatal, seperti tungau
  • Kendalikan stres karena bisa memicu gatal dan biduran. Lakukan kegiatan yang menyenangkan supaya dapat mengontrol pikiran agar tetap rileks, yaitu dengan berolahraga setiap hari, bermeditasi, mengatur napas, atau mandi air hangat
  • Gunakan obat biduran seperti antigatal yang bisa Anda beli tanpa resep, contohnya antihistamin atau losion kalamin
  • Oleskan kompres dingin yang terbuat dari es batu yang dibungkus dengan waslap, pada kulit yang gatal. Tetapi, jangan lakukan cara ini jika suhu dingin menjadi pemicu gatal-gatal pada tubuh
  • Hindari panas berlebih dan kenakan pakaian katun yang longgar, sehingga meminimalkan terjadinya tekanan pada kulit yang menjadi salah satu penyebab biduran
  • Cegah kulit kering dengan menggunakan pelembab bebas pewangi yang cocok dengan jenis kulit Anda

Jika beragam cara mengatasi biduran kambuh di malam hari di atas sudah dicoba tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter. Terutama jika masalah kulit ini sampai mengurangi kualitas tidur di malam hari. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Biduran Secara Alami dan Pakai Obat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com