Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Jelaskan Cabai Jawa dan Kuda Laut Bagus untuk Kesuburan Pria

Kompas.com - 16/10/2023, 22:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Infertilitas atau kondisi saat pasangan tak kunjung mendapat momongan bisa disebabkan karena adanya gangguan atau masalah pada kesuburan pria.

Hal itu bisa dipicu oleh masalah hormonal akibat gangguan poros hipofisis-hipotalamu-testis dalam mengatur kadar hormon gonadotropin.

Kondisi ini memengaruhi pembentukan sperma sehingga produksi sperma dan kadar hormon testosteron menurun. Akibatnya, timbul gangguan kesuburan yang disebut hipogonadisme.

Untungnya, ada bahan alami yaitu ekstrak cabai jawa dan kuda laut yang bisa bagus untuk kesuburan pria.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat cabai dan kuda laut dalam mengatasi gangguan kesuburan pada pria, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Makan Kecambah Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria? Simak Faktanya...

Manfaat cabai dan ekstrak kuda laut dalam meningkatkan kesuburan pria

Guru Besar Ilmu Biologi Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Drs. Yurnadi, M.Kes. menjelaskan bahwa cabai jawa dan ekstrak kuda laut bisa bagus untuk kesuburan pria.

Untuk diketahui, tanaman cabai jawa atau Piper retrofractum Vahl banyak digunakan untuk pengobatan. Buah dari tanaman ini sering dimanfaatkan untuk mengobati perut kembung dan mulas, merangsang nafsu makan, serta mengatasi lemah
syahwat.

Pada penelitian yang dilakukan Prof. Yurnadi dengan media tikus, ditunjukkan bahwa pemberian ekstrak cabai jawa bisa bagus untuk kesuburan pria karena meningkatkan kadar hormon testosteron.

“Penelitian eksperimental dilakukan terhadap tikus yang diinduksi dengan Depo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA). Tikus tersebut diberi ekstrak cabai jawa," ujar Prof. Yurnadi, dikutip dari rlis yang diterima Kompas.com, Senin (16/10/2023).

"Hasilnya, ekstrak cabai jawa dapat menurunkan konsentrasi sperma dan meningkatkan kadar hormon testosteron, tanpa memengaruhi profil hematologi, kimia darah, dan berat badan tikus meski dilakukan percobaan selama 18 minggu. Dari hasil tersebut ditemukan bahwa cabai jawa dapat meningkatkan kadar testosteron, bersifat androgenik, dan aman terhadap prostate specific antigen (PSA),” imbuh Yurnadi.

Senyawa kimia yang terkandung pada cabai jawa memiliki efek stimulan terhadap sel-sel saraf. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi cabai jawa Anda juga bisa merasakan berbagai manfaat kesehatan, di antaranya menjaga stamina tubuh.

Senyawa kimia yang terkandung dalam cabai jawa adalah jenis alkaloid, βsitosterol, terpenoid, saponin, resin (kavisin) dan sebagainya juga dapat melancarkan peredaran darah.

Baca juga: 9 Cara Memiliki Sperma Sehat untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Sementara itu, untuk bahan alam jenis fauna, kuda laut Hippocampus comes L. juga telah banyak dimanfaatkan sebagai obat kuat tradisional oleh masyarakat. Kuda laut (Hippocampus comes L). memiliki nilai rendemen tertinggi.

Selain itu, jenis kuda laut ini memiliki kadar proksimat serbuk dengan kadar air dan abu yang tinggi. Hippocampus comes L. juga mengandung senyawa aktif alkaloid dan triterpenoid; mengandung asam amino Arginin, Glisin, Lisin, Alanin, dan Prolin, serta mengandung glikosida steroid dengan berat molekul 240, 619, 717.

Untuk melihat pengaruh ekstrak kuda laut Hippocampus comes L. terhadap peningkatan fertilitas, Prof. Yurnadi kembali menggunakan tikus sebagai media percobaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com