Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dan Jaga Kesehatan

Kompas.com - 03/11/2023, 06:01 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu cara menurunkan berat badan yang efektif perlu dukungan diet sehat dan olahraga. 

Untuk diketahui, diet sehat sangat penting untuk menjaga berat badan dalam jangka panjang dan menurunkan risiko komplikasi penyakit tertentu.

Menurut informasi laman LiveStrong, diet yang tidak sehat bisa berbahaya dan berisiko pada kesehatan jangka panjang, seperti malnutrisi, gangguan pencernaan, dan peradangan kronis. 

Diet tak sehat juga bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, dan masalah kesehatan mental.

Baca juga: Kapan Perubahan Diet Terlihat? Berikut Penjelasannya...

Bagaimana cara melakukan diet sehat?

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC), konsep diet sehat yakni mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian serta dapat menunjang kesehatan.

Dengan melakukan diet sehat, kadar kolesterol dapat lebih terkendali, tekanan darah berkurang, gula darah terkontrol, dan berat badan lebih ideal.

Menurut panduan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), berikut cara diet sehat yang bisa bantu tingkatkan kesehatan dan mengendalikan berat badan:

  • Konsumsi buah dan sayur

Salah satu kebiasaan diet yang paling penting yakni mengonsumsi buah dan sayur. Sayur dan buah kaya akan nutrisi seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan serat.

Semua nutrisi tersebut membantu Anda menjaga berat badan yang sehat karena membuat Anda kenyang lebih lama. Isilah setengah piring Anda dengan sayur dan buah setiap kali makan. Selain itu, ganti camilan tidak sehat dengan buah atau sayuran segar. 

  • Konsumsi protein

Anda bisa mendapatkan asupan protein dari makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tahu, ikan, kerang, telur, unggas, daging merah tanpa lemak, susu rendah lemak, dan yogurt rendah lemak.

Protein membantu membangun dan memelihara tulang, otot, dan kulit. Di setiap sesi makan, upakan untuk makan protein.

Usahakan makan setidaknya dua porsi ikan setiap minggu, dan pilihlah makanan nabati lebih sering. Idealnya, Anda harus mengisi seperempat piring Anda dengan makanan berprotein.

Baca juga: Kenapa Berat Badan Naik Lagi Usai Capai Target Ideal?

  • Batasi makanan olahan

Makanan olahan tinggi adalah makanan yang diolah dari sumber makanan aslinya dan memiliki banyak bahan tambahan.

Selama pemrosesan, seringkali nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan serat dihilangkan sementara garam dan gula ditambahkan.

Contoh makanan olahan antara lain, makanan cepat saji, makanan beku, sosis, kornet, keripik, kue kering, roti putih, dll.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com