Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan Tinggi Protein yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet Karbo

Kompas.com - 15/10/2023, 06:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Ketika menjalani diet karbohidrat (diet karbo) beberapa orang mungkin kesulitan dalam menentukan sumber protein yang pas.

Hal itu karena banyak sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, mengandung karbohidrat tingggi.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa makanan tinggi protein tapi rendah karbo, yaitu seperti telur ayam dan susu kedelai.

Simak penjelasan beriku untuk mengetahui lebih lanjut makanan apa saja yang mengandung protein tinggi, tetapi rendah karbohidrat.

Baca juga: 4 Macam Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk agar Tidak Makin Parah

Apa saja makanan tinggi protein yang cocok dikonsumsi saat diet karbo?

Protein berguna dalam proses pertumbuhan sel atau jaringan tubuh. Zat gizi ini juga membantu dalam memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta mendukung kelangsungan kerja organ-organ tubuh.

Setiap orang dewasa membutuhan protein rata-rata sekitar 65 gram per hari. Kita bisa mendapat asupan protein dari sumber hewani maupun nabati.

Namun, orang yang sedang diet karbo umumnya tidak mengonsumsi daging. Selain itu, mereka juga menghindari sumber protein yang mengandung karbohidrat tinggi.

Dilansir dari Verywell Fit, berikut beberapa makanan tinggi protein yang dapat Anda konsumsi saat sedang menjalani diet karbo:

  • Telur

Telur merupakan sumber protein lengkap yang sangat baik. Satu telur berukuran besar mengandung 6 gram protein dan kurang dari satu gram karbohidrat.

Selain itu, telur juga kaya akan nutrisi yang mudah diserap, antara lain vitamin B12, kolin, vitamin A, vitamin D, serta karotenoid lutein dan zeaxanthin.

  • Produk olahan susu

Olahan susu sepeti susu full cream, yoghurt, dan keju mengandung banyak protein, serta kalsium dan riboflavin.

Susu umumnya mengandung 8 gram protein dalam sekali penyajian atau satu gelas. Kemudian, keju memiliki kandungan protein sekitar 6015 gram protein tergantung dari jenisnya.

Akan tetapi, penting untuk memeriksa label di produk untuk menghindari kandungan gula dari produk olahan susu yang dapat memberi dampak negatif pada rencana diet Anda.

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman Pelancar BAB Alami yang Sehat Dikonsumsi

  • Kedelai utuh

Kedelai utuh adalah kacang-kacangan yang memiliki sedikit karbohidrat namun kaya protein.

Kedelai juga tinggi serat, vitamin K, zat besi, magnesium, tembaga, mangan, dan riboflavin, serta fitonutrien yang penting bagi tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com