Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis dan Penyebab Ruam pada Kulit Bayi

Kompas.com - 19/12/2023, 09:09 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Berbagai masalah kulit bisa dialami bayi, balita, anak, hingga remaja. Diperkirakan ada lebih dari 12 juta kunjungan ke dokter anak terkait dengan masalah kulit.

Salah satu masalah kulit yang cukup sering adalah ruam yang dapat muncul di berbagai bagian tubuh.

Penyebab ruam pada bayi antara lain dermatitis (alergi), infeksi virus, bakteri, hingga jamur.

Jenis-jenis ruam yang paling sering dialami bayi antara lain:

- Jerawat bayi
- Kerak kulit kepala
- Ruam popok
- Eksim, biasanya muncul di wajah, di balik lutut, dan tangan.
- Biang keringat
- Ruam akibat infeksi seperti cacar air atau roseola.
- Dan masih banyak lagi

Baca juga: Tips Mencegah Ruam Popok pada Bayi Baru Lahir

"Terkait kelainan kulit perlu dicermati ada yg berkaitan dengan alergi, ada yang berkaitan dengan kontak berbagai barang, alat, obat oles serta jenis makanan," kata dr.Tubagus Rachmat Sentika Hasan Sp.A dalam acara edukasi Merries bersama Ikatan Bidan Indonesia di Tangerang Selatan (14/12/2023).

Walau menyebabkan rasa tidak nyaman, tapi pada umumnya ruam tidak berbahaya. Pengobatannya mulai dari menggunakan pakaian yang nyaman pada bayi, sering mengganti popok, hingga pemakaian krim kulit.

"Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang dapat dilakukan, selain menjaga kebersihan kulit, yaitu dengan memilih popok bayi yang tepat,” katanya.

Meski tidak mengancam jiwa, ada beberapa tanda yang menyertai ruam yang perlu diwaspadai orangtua, misalnya jika bayi mengalami demam, ruam lebih dari seminggu, atau ruamnya menyebar ke berbagai bagian tubuh.

Baca juga: Apakah Eksim Sama dengan Alergi? Berikut Penjelasannya…

Edukasi kesehatan kulit

Merries melalui salah satu lini produknya nya Merries Good Skin bersama dengan Ikatan Bidan Indonesia berkolaborasi mengedukasi 200 Bidan di Jabodetabek terkait kesehatan kulit bayi.

Peluncuran kegiatan ini dilakukan pada 14 Desember 2023 di Tangerang Selatan.

"Merries Good Skin memahami bahwa Bidan memiliki peran penting dan menjadi garda terdepan bagi Ibu hamil, baik dari masa kehamilan hingga melahirkan serta dapat menjadi perpanjangan tangan dalam mengedukasi para Ibu hamil terkait dengan pentingnya kesehatan kulit bayi yang sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang," kata VP Marketing Kao Indonesia, Susilowati.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com