Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Ambeien di Usia Muda dan Cara Mengobatinya

Kompas.com - 01/01/2024, 08:00 WIB
Agustin Tri Wardani,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ambeien kerap menjadi permasalahan penyakit yang dikeluhkan oleh para remaja atau anak-anak di usia muda.

Dilansir dari Mayo Clinic, ambeien merupakan kondisi pembengkakan pembuluh darah di area anus dan rektum yang ditandai dengan munculnya benjolan di area tersebut.

Menurut posisinya terhadap garis dentate atau garis pembatas pada dinding anus terdapat 2 jenis ambeien yaitu ambeien luar (eksternal) dan ambeien dalam (internal). Ambeien juga dikategorikan sesuai tingkat keparahan yaitu stadium 1,2,3, dan 4.

Baca juga: Kenali Cara Mengobati Ambeien Stadium 1, 2, 3, 4

Penyebab ambeien di usia muda utamanya dipicu oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak disadari seperti duduk terlalu lama, pola makan yang salah, kurang gerak, hingga adanya pengaruh genetik.

Ciri-ciri ambeien di usia muda ini dapat dilihat dengan munculnya sensasi terbakar saat buang air besar, terdapat darah di tinja, nyeri di dekat area anus karena pembuluh darah yang membesar, dan ketidaknyamanan saat duduk untuk waktu yang lama.

Apabila tidak kunjung diatasi, penyakit ambeien stadium akhir dapat menyebabkan kehilangan darah dan infeksi serius bagi penderitanya.

Untuk meningkatkan kewaspadaan, penting bagi Anda untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab ambeien di usia muda beserta cara mengobatinya melalui artikel di bawah ini.

Penyebab ambeien di usia muda

Disarikan dari Vinmec International Hospital dan Momjunction, berikut ini beberapa penyebab ambeien di usia muda, meliputi:

  • Kesalahan pola makan

Ambeien di usia muda juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang, seperti makan lebih sedikit serat dan tidak minum cukup air.

Makanan bergizi yang tinggi serat dan air putih bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan meminimalisir terjadinya ambeien.

Baca juga: 3 Perbedaan Ambeien Luar dan Dalam yang Perlu Diketahui

  • Keturunan atau genetik

Wasir pada anak usia muda jua dapat diwariskan dari orang tua.

Dalam hal ini, biasanya gejala dapat diamati pada minggu pertama setelah kelahiran. Beberapa anak saat buang air besar atau menangis, wasir menonjol keluar dari anus yang membuat anak merasa sangat tidak nyaman dan kesakitan.

  • Penyakit radang usus

Penyakit radang usus juga menjadi faktor penyebab yang terlibat dalam pembentukan wasir atau ambeien di usia muda.

Penting bagi Anda untuk segera memberikan perawatan pada keluhan penyakit ini, agar tidak memicu terjadinya ambeien.

  • Kurang gerak

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan anak muda saat ini kerap menghabiskan waktu senggangnya untuk bermalas-malasan dan kurang melakukan aktivitas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com