Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan, Termasuk Mencegah Penuaan

Kompas.com - 09/02/2024, 15:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Teh hijau adalah salah satu minuman herbal yang populer. Lantas, tahukah Anda apa manfaat minum teh hijau untuk kesehatan?

Menurut sederet peneltian, manfaat teh hijau yaitu melindungi kesehatan jantung, membantu mengontrol kadar gula darah, dan mencegah penuaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut macam-macam manfaat minum teh hijau, simak ulasan berikut.

Baca juga: Berapa Kali Minum Teh yang Baik Bagi Tubuh?

Manfaat minum teh hijau

Dilansir dari Verywell Health, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama senyawa polifenol yang bisa mencegah peradangan, melindungi tubuh dari stres oksidatif, dan mencegah kerusakan sel.

Teh hijau atau greentea juga kaya akan katekin yang terbukti dapat memelihara kesehatan jantung, meningkatkan fungsi kognitif, dan membuat awet muda.

Untuk lebih jelasnya, berikut delapan manfaat minum teh hijau bagi kesehatan:

  • Memelihara kesehatan jantung

Minum teh hijau dapat melindungi diri terhadap penyakit kardiovaskular dan menurunkan risiko serangan jantung serta stroke.

Menurut penelitian, senyawa anti-inflamasi pada teh hijau yaitu katekin terbukti mampu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi inflamasi pada pembuluh darah sehingga mencegah kolesterol tinggi yang memicu penyakit jantung.

  • Meningkatkan kesehatan otak

Teh hijau juga bermanfaat bagi kesehatan otak karena bisa mengurangi stres, meningkatkan fungsi kognitif, memperbaiki suasana hati, dan melindungi dari penurunan kognitif akibat penuaan dan penyakit neurodegeneratif.

Manfaat tersebut bisa didapatkan karena teh hijau mengandung kafein, stimulan yang bisa meningkatkan energi, ketajaman fokus, dan suasana hati,

Selain kafein, teh hijau juga mengandung L-theanine, asam amino yang secara positif memengaruhi suasana hati, menurunkan stres, dan meningkatkan produksi dopamin dan serotonin.

Baca juga: Berapa Jarak Minum Teh dan Obat? Berikut Penjelasannya...

  • Membantu menurunkan berat badan

Potensi manfaat minum teh berikutnya yaitu membantu menurunkan berat badan.

Hal itu karena kafein dan katekin pada teh hijau dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar lemak.

  • Mengontrol kadar gula darah

Senyawa polifenol yang terdapat pada segala jenis teh, termasuk teh hijau berperan dalam menghambat penyerapan karbohidrat sehingga menekan risiko terjadinya lonjakan gula darah.

Namun, ada baiknya Anda tidak menambahkan gula atau tambahan pemanis lain ke dalam secangkir teh hijau karena memicu gula darah tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com