Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Anjuran Dokter bagi Pasangan yang Jalani Program Hamil, Apa Saja?

Kompas.com - 08/03/2024, 08:15 WIB
Khairina

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pasangan yang sedang menjalani program hamil dianjurkan untuk melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kesuburan, di antaranya olahraga, menghindari stres, mencukupkan tidur, dan makan.

Seperti ditulis Antara, Dokter Spesialis obstetri ginekologi sub-spesialis fertilitas Dr. dr. Binarwan Halim M.Ked (OG) Sp.OG(K)-FER menganjurkan pasangan yang sedang menjalani program hamil untuk rutin berolahraga.

Sebab, berolahraga dapat meningkatkan hormon baik, memperbaiki aliran darah, dan meningkatkan imunitas.

Baca juga: Sedang Program Hamil, Hindari 4 Jenis Makanan Berikut

Binarwan menambahkan, orang yang sistem imunnya tidak bagus akan mudah terserang penyakit dan kondisi itu dapat mengganggu kesuburan.

Menurut dia, olahraga juga dapat mencegah dan mengatasi masalah kegemukan, yang dapat mempengaruhi fertilitas.

Binarwan menyarankan orang dengan berat badan normal melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki 20 menit dan berlari 10 menit lima hari dalam seminggu atau berolahraga selama 150 menit dalam sepekan.

"Yang gemuk harus turun berat badan, olahraganya ditingkatkan jadi 75 menit lima hari, setengah olahraga ringan, setengah olahraga sedang," katanya.

Namun, Binarwan menganjurkan orang yang sedang menjalani program hamil tidak melakukan olahraga berat.

"Kita tidak menganjurkan olahraga berat, karena akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesuburan, olahraga berat tidak berarti langsung subur," katanya.

Baca juga: Mengenal Kapan Masa Ovulasi dan Tandanya untuk Mendukung Program Hamil

Selain berolahraga, Binarwan menyampaikan, upaya lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan yakni menghindari stres, mencukupkan tidur, dan mencukupkan makan.

Hindari makanan mengandung pengawet

Menurut dia, pasangan yang sedang menjalani program hamil sebaiknya mengurangi konsumsi karbohidrat dan makanan manis serta menghindari makanan dan minuman yang mengandung pengawet maupun bahan kimia dan makanan panas yang dibungkus plastik.

Pasangan yang sedang menjalani program hamil, kata Binarwan, sebaiknya rutin melakukan hubungan suami istri dua kali sepekan pada masa subur untuk meningkatkan peluang hamil secara alami.

Apabila mengalami kondisi seperti saluran tuba tersumbat, usia perempuan sudah di atas 35 tahun, masalah sperma berat, ia melanjutkan, maka pasangan yang ingin punya anak bisa mengikuti program bayi tabung.

"Setelah konsumsi obat dan inseminasi gagal, tidak ada sperma sama sekali setelah operasi buah zakar, kondisi itu membutuhkan (program) bayi tabung," kata Binarwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com