Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Siang di Akhir Pekan Bisa Menyehatkan Jantung

Kompas.com - 31/08/2024, 13:31 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Menambah jam tidur di akhir pekan ternyata bermanfaat bagi tubuh, khususnya untuk mereka yang sehari-harinya kurang tidur.

Sekitar 1 dari 3 orang yang disurvei mengatakan mereka kurang tidur setiap hari. Rekomendasi jam tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah 7-9 jam setiap malam.

Penelitian sebelumnya juga mengaitkan gangguan tidur dengan brbagai masalah kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Risiko tersebut ternyata bisa dikurangi dengan menambahkan jam tidur ekstra saat weekend.

Dalam penelitian terbaru diketahui orang yang bangun siang di akhir pekan memiliki risiko 19 persen lebih rendah untuk mengalami penyakit jantung, dibandingkan dengan orang yang tidak "membayar kekurangan jam tidur"nya.

Baca juga: Ini Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan

Ketika tim peneliti menganalisis hanya pada kelompok yang kekurangan tidur, ditemukan bahwa mereka yang menambah jam tidur di akhir pekan bisa menurunkan risiko menderita penyakit jantung. Manfaat itu sama pada pria atau wanita.

"Hasil temuan kami menunjukkan bahwa ada banyak orang yang sebenarnya kekurangan jam tidur setiap harinya. Nah, mereka yang menambah jam tidur di akhir pekan bisa mengurangi risiko penyakit jantung," kata ketua peneliti bidang penyakit jantung dari China, Zechen Liu.

Kaitan antara penyakit jantung dan kurang tidur sudah lama diketahui para ahli. Kebiasaan kurang tidur bisa meningkatkan tekanan darah, inflamasi, stres, dan juga kegemukan. Semua dampak tersebut berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Baca juga: Efek Negatif Kebiasaan Tidur Setelah Pukul 1 Malam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau