Kompas.com - 16/02/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Kantuk yang berlebihan, meski sudah tidur cukup, dalam dunia medis disebut juga dengan narkolepsi. Meski begitu, penyakit "gampang ngantuk" ini ternyata bisa juga menjadi tanda seseorang mengonsumsi ganja.

Narkolepsi dengan penggunaan ganja ternyata memiliki gejala yang hampir sama, yakni ngantuk berlebihan. Karena itu, para ahli menyarankan agar remaja yang tampak selalu mengantuk dan kurang konsentrasi perlu dicurigai menggunakan ganja.

Dalam penelitian terhadap 383 anak yang mengalami rasa kantuk berlebihan pada siang hari, sebanyak 10 persen dari anak berusia 13 tahun ke atas yang diindikasikan mengalami narkolepsi ternyata juga positif memakai ganja.

"Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pemeriksaan urine pada remaja yang menunjukkan gejala narkolepsi," kata dr Mark Splaingard, direktur pusat gangguan tidur di Ohio.

Ia mengatakan, remaja yang positif memakai ganja dan juga terdiagnosis narkolepsi mengalami perbaikan gejala setelah melakukan terapi.

Narkolepsi sendiri terjadi akibat gangguan pada sistem pengaturan tidur R (tahapan tidur ketika kita, kebanyakan, sedang bermimpi). Akibat gangguan ini, terjadi kekacauan antara kondisi terjaga dan mimpi. Penyakit ini jarang ditemukan karena masih banyak tenaga medis yang tak terbiasa dengan penyakit-penyakit tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.