Kompas.com - 19/05/2015, 07:19 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ingin mengganti kebiasaan minum kopi di pagi hari? Secangkir air hangat dengan perasan lemon bisa menjadi alternatif, selain juga lebih bernutrisi. Berikut adalah 4 alasan mengapa minum air hangat dengan perasan lemon perlu menjadi bagian dari ritual harian Anda.

- Membantu proses detoks
Meski jeruk lemon agak asam, tetapi ternyata jenis jeruk ini merupakan sumber dari bahan pangan alkalin yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman tubuh. Kombinasi dari keduanya juga membantu "membangunkan" liver dan membuang toksin dari tubuh.

- Mengaktifkan saluran cerna
Cara sederhana ini juga efektif untuk merangsang saluran pencernaan sehingga meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi sepanjang hari. Air hangat dengan perasan lemon juga membantu makanan melalui saluran cerna dengan mudah.

- Mendukung pelangsingan
Lemon mengandung pektin, serat larut yang diketahui bisa membantu proses penurunan berat badan. Jika Anda terbiasa minum secangkir teh dengan tambahan gula setiap pagi, perasan lemon bisa membantu mengurangi kalori.

- Menenangkan perut
Saat Anda tidur dengan kondisi perut penuh, biasanya kita akan terbangun dalam kondisi perut kembung atau rasa tidak enak pada kerongkongan. Air hangat bisa membantu membersihkan sistem cerna, sementara flavonoid dari air lemon membantu menurunkan keasaman dalam lambung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.