Kompas.com - 12/07/2015, 16:00 WIB
EditorBestari Kumala Dewi


KOMPAS.com
- Kebanyakan orang, begitu bangun tidur, langsung mandi lalu sarapan atau menikmati secangkir kopi. Mungkin mereka lupa atau belum tahu, bahwa ada satu ritual sederhana yang sebaiknya dilakukan  setiap pagi, yaitu minum segelas besar atau lebih air putih hangat.

Menurut Dr. Fereydoon Batmanghelidj, seorang dokter dari St. Mary’s Hospital Medical School of London, air putih hangat di pagi hari sebelum melakukan aktivitas apapun, punya banyak manfaat sehat. Di antaranya adalah memperlancar pencernaan, membantu membersihkan racun-racun di tubuh, meningkatkan imunitas, dan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Dr. Fereydoon Batmanghelidj pertama kali menemukan penemuannya tersebut, ketika ada di penjara sebagai tahanan politik pemerintah Iran. Di penjara, dia memiliki banyak keterbatasan. Obat-obatan tidak tersedia, sementara ribuan tahanan sering mengeluh sakit pencernaan yang belakangan diduga sebagai ulser peptik (luka terbuka di bagian dalam lapisan perut, di atas usus kecil atau esofagus yang menimbulkan gejala nyeri dan kembung).

Hal terbaik yang bisa mereka lakukan ketika sakit adalah minum air sebanyak-banyaknya. Ajaibnya, kebanyakan mereka sembuh atau sakitnya berkurang, setelah minum air putih dalam jumlah banyak selama beberapa hari.

Sekeluarnya dari penjara, Dr. Fereydoon Batmanghelidj melanjutkan studinya di bidang kesehatan khusus mengenai hubungan antara kondisi dehidrasi dengan timbulnya berbagai macam penyakit. Dr. Fereydoon Batmanghelidj memublikasikan penemuannya dalam banyak jurnal ilmiah dan dua buah buku berjudul Your Body’s Many Cries for Water dan How to Deal with Back Pain and Rheumatoid Joint Pain. (Lily Turangan)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.