Mengapa Harga Vaksin Pneumonia Mahal?

Kompas.com - 23/11/2015, 16:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Vaksin pneumokokus menjadi andalan untuk melindungi anak dari infeksi pneumonia atau radang paru akut. Sayangnya harga vaksin ini relatif mahal untuk sebagian besar orangtua di Indonesia.

Vaksin untuk pneumonia adalah pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Hasil penelitian menunjukkan, efektivitas vaksin tersebut mencapai 99 persen untuk anak yang telah diimunisasi penuh.

Di Indonesia, vaksin ini membutuhkan biaya kurang lebih Rp 750.000 per dosis dan tiap anak berusia kurang dari lima tahun membutuhkan dua kali vaksinasi.

Menurut Ninesiana Saragih, Communications Manager PT.Pfizer Indoensia, akses terhadap vaksin merupakan hal yang kompleks dan harga bukanlah satu-satunya halangan untuk mendapatkan askes tersebut.

"Di Indonesia, vaksin pneumonia belum menjadi bagian dari program imunisasi nasional, yang menjadi hal penting bagi akses vaksin," kata Ninesiana.

Ia menambahkan, total biaya untuk imunisasi melampaui biaya untuk mendapatkan vaksin, termasuk faktor-faktor lainnya seperti pengiriman, pelatihan tenaga kesehatan dan biaya penyimpanan vaksin.

"Kami percaya peningkatan akses vaksin hanya bisa terjadi ketika kita secara kolektif mengembangkan solusi untuk mengatasinya. Pfizer mendukung dan siap terlibat dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendukung tujuan imunisasi di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, PT.GlaxoSmithKline (GSK) yang juga memproduksi vaksin PCV menerapkan kebijakan harga berjenjang. Harga paling rendah diterapkan untuk negara yang dianggap paling tidak mampu membayar.

"Untuk negara-negara berpendapatan tinggi yang sudah maju, serta negara-negara yang dianggap ‘berpendapatan sedang’ seperti Indonesia, kami menerapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga yang kami terapkan untuk negara-negara yang tidak mampu," kata Prelia H. Moenandar, Communications & Government Affairs Director GSK Indonesia.

Ia menambahkan, kebijakan harga itu dirancang untuk mendukung negara-negara yang memiliki komitmen untuk melakukan vaksinasi dalam jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X