Kompas.com - 11/01/2016, 09:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mata sangat bergantung pada aliran air mata untuk memberikan kelembaban konstan dan pelumas untuk menjaga pengelihatan dan kenyamanan. Air mata adalah kombinasi dari air, minyak (untuk kelembaban), serta lendir (untuk pelumasan, bahkan untuk menyebarkan antibodi dan protein khusus untuk perlawanan terhadap infeksi).

Komponen-komponen ini disekresikan oleh kelenjar khusus yang terletak di sekitar mata. Nahh, ketika terjadi ketidakseimbangan dalam sistem air mata ini, seseorang bisa mengalami mata kering.

Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami mata kering, cobalah untuk menemukan penyebabnya. Ini bisa jadi cuaca yang panas dan kering, menatap tanpa mengedip, atau efek samping dari beberapa obat-obatan.

Mata kering kronis biasanya dialami oleh orangorang berusia di atas 40 tahun, pada wanita biasanya setelah memasuki masa menopause. Berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya mata kering.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum banyak air dapat membantu menjaga selaput lendir di mata Anda tetap lembab. Jika udara di rumah terlalu kering, cobalah gunakan humidifier. Alat ini bisa membuat ruangan di rumah menjadi lebih lembab.

Tapi, jangan lupa, bersihkanganti air dan bersihkan secara berkala, mengingat kelembaban alat ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur jika tak dibersihkan dengan benar.

Jangan lupakan berkedip

Berkedip lebih sering untuk menyebarkan air mata, termasuk kerika membaca, menyetir, dan bekerja di depan layar komputer. Selain itu, hindari mengucek mata, karena ini dapat membuat mata kering semakin buruk.

Konsumsi lemak omega 3

Perbanyak asumsi lemak omega 3, seperti flaxseed, walnuts, dan ikan berlemak seperti salmon dan cod. Dalam sebuah studi di 2015, menunjukkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi omega 3, lebih jarang mengalami mata kering.

 

Bagi kebanyakan orang, obat mata yang dijual bebas menjadi solusi aman dan efektif. Membeli air mata buatan bermerk untuk menyembuhkan mata gatal dan kemerahan. Namun hati-hati, penggunaan yang tidak tepat justru dapat memperburuk kondisi mata kering dan menyebabkan ketergantungan.

Jika gejala mata kering tak kunjung sembuh, ada baiknya segera konsultasikan pada dokter mata. Biasanya dokter akan meresepkan obat untuk meningkatkan produksi air mata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.