Kompas.com - 15/06/2016, 19:11 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Dalam sebuah Clinical Trial di Amerika, pasien yang menjalani perawatan dengan perangkat ini berhasil menurunkan berat badan 3 kali lipat ketimbang melakukan konseling diet dan olahraga.

Menggunakan perangkat bernama AspireAssist, diharapkan jutaan orang Amerika yang obesitas dapat menemukan berat badan sehatnya. Pasalnya kini, sekitar 38 persen dari seluruh orang dewasa di Amerika mengalami obesitas.

Untuk menggunakan perangkat tersebut, pasien perlu menjalani prosedur rawat jalan. AspireAssist yang terdiri dari tabung tipis akan ditanamkan di dalam perut, memiliki saluran yang terhubung ke bagian luar kulit perut melalui sebuah port.

Cara kerjanya, setelah 30 menit menyelesaikan makan, pengguna menghubungkan port ke sebuah perangkat eksternal, yang akan menyedot makanan dari dalam perut untuk dibuang.

Produsen menyatakan, pasien hanya butuh 1-2 jam untuk pulang ke rumah dan melakukan aktivitas seperti biasa setelah pemasangan.

AspireAssist dapat dikeluarkan kapan saja melalui prosedur rawat jalan sederhana yang hanya berlangsung 10 menit.

Produsen juga menjelaskan, perangkat tersebut dapat menghilangkan sekitar 30 persen makanan yang masuk ke dalam perut sebelum makanan tersebut menyebabkan kenaikan berat badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Fox News

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.