Kompas.com - 16/06/2016, 22:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Penelitian menunjukkan, mereka yang sering terjaga sepanjang malam, lebih mungkin untuk menderita jenis kanker tertentu, diabetes, penyakit jantung, obesitas, dan gangguan kognitif.

Itu sebabnya banyak pekerja yang bertugas shift malam melawan dengan keras, dengan cara mempertahankan diet yang sehat, berolahraga, dan mecoba menjaga rutinitas tidur yang normal meski itu sangat sulit karena tuntutan tugas mereka.

Jika Anda termasuk dari mereka yang sering harus berjaga sepanjang malam, dan menemukan diri Anda tidak bisa memiliki tidur yang berkualitas, serta selalu lemas walau Anda sedang bertugas pagi, pertimbangkan untuk melakukan kiat-kiat ini di bawah ini, agar tetap berenergi dan sehat layaknya mereka yang bekerja di pagi hari.


Mandi air hangat
Mungkin kopi bisa membantu Anda tetap terjaga dan meningkatkan kewaspadaan. Namun, menurut April Wachtel, mixologist dan pendiri Swig+Swallow, trik yang paling baik untuk membuat Anda merasa segar adalah mandi di pagi hari.

Brittney, 27, seorang administrator pusat layanan darurat setuju dengan hal ini. Dia mengatakan, bahwa mandi air panas biasanya cukup untuk membuatnya merasa berenergi kembali.

 

Minum kafein dengan bijak
"Kopi adalah hal pertama yang saya nikmati begitu saya bangun tidur. Ritual minum kopi selalu membuat saya merasa berenergi."

Deborah Rathz, M.D., Ph.D., dokter gawat darurat di Klinik Cleveland, mengatakan, "Waktu minum kopi juga penting. Saya memulai hari pada pukul tujuh pagi dengan secangkir kopi hitam."

Masih merasa mengantuk di tengah hari? Coba minum teh hangat atau panas yang juga mengandung kafein, namun tidak sebanyak yang dimiliki oleh kopi.

 

Olahraga pagi
Setelah bergadang semalaman, mungkin, olahraga adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan. Tapi Chelsea Caracciolo, seorang pendidik klinis di Rumah Sakit McLean di Boston, MA, mengatakan bahwa olahraga adalah hal yang pertama dia lakukan setelah mengakhiri kerja malamnya. Olahraga pagi membuat saya bisa tidur lebih nyenyak dan lebih lama, katanya.

 

Tetap makan sehat
Setelah bergadang, jarang ada orang mau bersusah payah memasak sendiri makanan sehat. Walhasil, junk food pun terasa enak. Namun, hal itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Shape
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.