Kompas.com - 21/06/2016, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda sudah makan siang tapi 30 menit kemudian, Anda tidak bisa berhenti memikirkan tentang cokelat. Akhirnya, Anda menyerah, membeli sebatang cokelat dan memakannya.

Sepuluh menit setelah itu, Anda ingin sesuatu yang asin dan renyah, sehingga Anda masuk ke minimarket di lantai bawah dan membeli dua bungkus keripik singkong.

Duapuluh menit setelah itu, Anda berpikir bahwa es krim adalah ide yang baik untuk disantap saat udara panas dan jadilah Anda turun lagi ke minimarket membeli satu cup besar es krim cokelat.

Nafsu makan tak kunjung padam meski perut sudah benar-benar penuh. Kebanyakan wanita pasti akrab dengan hal ini, terutama menjelang haid,. Ya...makan berlebihan adalah gejala PMS yang hampir setiap bulan dialami kebanyakan wanita.

Penyebab semua itu adalah hormon Anda, khususnya kortisol dan serotonin. Ahli gizi Stephanie Clarke, RD, dan Willow Jarosh, RD, dari C & J Nutrition menjelaskan, "Hormon stres kortisol cenderung naik tepat sebelum periode haid datang dan hormon serotonin yang bersifat menenangkan cenderung turun.

Kedua hal ini menyebabkan keinginan makan melonjak. Lalu, bagaimana caranya agar gejala PMS ini tak merusak diet Anda?

 

Hindari ini

Willow dan Stephanie menyarankan Anda memilih karbohidrat yang minim pemrosesan untuk menjaga kadar gula darah stabil.

Itu berarti, lupakan kerupuk dan keripik dan lebih memilih biji-bijian dan sayuran yang mengandung pati seperti kentang, ubi jalar, jagung, kacang-kacangan seperti lentil, kacang polong, dan labu.

 

Makan Ini Untuk Sarapan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.