Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2016, 12:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Yoga bukan cuma menyangkut pose fisik. Teknik pernapasan yoga tertentu yang dikenal sebagai pranayama, secara ilmiah telah terbukti mengurangi stres, tekanan darah dan meningkatkan kekebalan.

Sebuah studi baru menemukan, bahwa pernapasan yoga juga menurunkan peradangan yang berhubungan dengan stres dalam tubuh.

Studi yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine tersebut menemukan bahwa pernapasan yoga selama 20 menit mampu menurunkan gejala stres secara signifikan.

Dalam studi itu, peneliti menguji tingkat biomolekul dalam tubuh yag disebut sitokin dalam air liur dua puluh peserta.

Setengah dari relawan diminta membaca teks selama 20 menit Sementara setengah lainnya melakukan teknik pernapasan yoga: 10 menit melantunkan nyanyian Ohm dan 10 menit bernapas dengan irama tertentu.

Ohm adalah ucapan yang berasal dari getaran suara "AUM". Bernapas berirama adalah latihan napas sederhana yang mengatur napas berdasarkan hitungan dua ketukan untuk mengambil napas, tahan selama delapan ketukan atau hitungan dan hembuskan napas selama empat ketukan.

Hasilnya, setelah mengukur kadar biomolekul air liur, peneliti menemukan bahwa mereka yang melakukan pernapasan yoga, kadar stresnya lebih jauh berkurang dibanding relawan yang membaca.

Anda juga dapat mengalami efek menenangkan dari pernapasan yoga dengan meluangkan waktu dan mempraktikkan teknik untuk pemula di bawah ini:

1. Duduk tegak dengan bahu rileks di matras atau bangku yang nyaman.

2. Tutup mata Anda dan fokus hanya pada napas.

3. Hirup udara melalui lubang hidung dalam empat dua atau empat hitungan dan bayangkan paru-paru Anda terisi dari bawah, tengah, ke atas.

4. Hembuskan napas melalui lubang hidung dalam empat hitungan. Bayangkan paru-paru Anda menjadi kosong mulai dari atas, tengah, hingga bagian bawah.

5. Ulangi sebanyak 10 kali. Untuk selanjutnya, hirup udara dalam empat hitungan, tahan selama empat hitungan dan embuskan juga dalam waktu empat hitungan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+