Anak Cynthia Lamusu dan Surya Saputra Idap Gangguan Mata ROP, Apa Itu?

Kompas.com - 23/12/2019, 10:33 WIB
Cynthia Lamusu bersama suaminya aktor Surya Saputra dan kedua buah hatinya, Tatjana dan Bima. Instagram/ Cynthia LamusuCynthia Lamusu bersama suaminya aktor Surya Saputra dan kedua buah hatinya, Tatjana dan Bima.

KOMPAS.com – Atharva Bimasena Saputra (3), putra dari pasangan penyanyi Cynthia Lamusu dan aktor Surya Saputra terdeteksi mengalami  Retinopati prematuritas ( ROP).

ROP adalah kelainan mata bayi prematur yang terjadi akibat pembuluh darah yang baru terbentuk di lapisan retina berhenti berkembang.

Melansir dari Kompas.com (21/12/2019), Cyntia Lamusu tak menampik jika putranya memiliki kekurangan dalam penghilatannya, usai melakukan pengecekan dua pekan setelah lahir.

Personel grup vokal B3 itu menyebut kondisi itu merupakan salah satu risiko dari bayi yang lahir secara prematur.

Namun tak semua bayi prematur menderita ROP. Terbukti anak Cyntia Lamusu dan Surya Saputra lainnya yang lahir prematur, yakni Ataya Tatjana Aisyah (3) tak terdeteksi mengalami ROP.

Baca juga: Lahir Prematur, Anak Surya Saputra dan Cynthia Lamusu Idap ROP

Jadi apa saja sebenarnya faktor risiko bayi prematur bisa mengalami ROP?

Saat dimintai penjelasan, Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan RS JIH Solo, dr. Syah Rini Wisdayanti, Sp.OG., M.Kes, menerangkan semakin kecil bayi saat lahir, semakin besar pula kemungkinan bayi tersebut mengalami ROP.

Gangguan mata yang dapat mengakibatkan kebutaan tersebut beritu berisiko terjadi pada bayi prematur dengan berat kurang dari 1.250 gram.

Selain itu, ROP juga rentan dialami oleh bayi yang dilahirkan sebelum usia kehamilan 31 pekan (kehamilan jangka penuh memiliki usia kehamilan 38-42 pekan).

“Gangguan penglihatan ini bisa saja berkembang di kedua mata bayi,” jelas Dokter Syah Rini saat diwawancara Kompas.com, Minggu (22/12/2019).

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X