Bolehkah Ibu Hamil Minum Madu?

Kompas.com - 02/01/2021, 06:06 WIB
Ilustrasi madu shutterstockIlustrasi madu

KOMPAS.com - Sejumlah ibu hamil gamang saat akan minum madu. Pasalnya, ada fakta bayi di bawah usia satu tahun tidak boleh diberi madu.

Bayi di bawah usia satu tahun tidak boleh diberi madu karena zat ini mengandung kuman Clostridium botulinum yang dapat meningkatkan risiko infeksi fatal botulisme.

Sistem pencernaan bayi di bawah usia satu tahun belum berkembang sempurna untuk menghadapi segala jenis kuman, termasuk yang terkandung dalam madu.

Berkaca dari fakta tersebut, beberapa orang jadi mempertanyakan efek madu bagi janin.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Es?

Bolehkah ibu hamil minum madu?

Dilansir dari Verywell Family, minum madu umumnya tidak berbahaya bagi ibu hamil.

Otoritasi kesehatan seperti American College of Obstetricians and Gynecologists AS juga tidak memasukkan madu ke dalam rekomendasi makanan dan minuman yang harus dihindari ibu hamil.

Terdapat beberapa alasan kenapa ibu hamil boleh minum madu. Pertama, sistem pencernaan orang dewasa termasuk ibu hamil dapat menangani mikroba seperti bakteri clostridium.

Usus orang dewasa yang sehat memiliki banyak flora pelindung yang bisa mencegah clostridium berbiak di saluran pencernaan. Hal itu dapat mencegah botulisme.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing?

Ibu hamil juga tak perlu khawatir berlebihan dengan sistem daya tahan tubuh yang menurun selama mengandung buah hati.

Pada kehamilan sehat, perubahan flora pencernaan tidak sampai meningkatkan risiko botulisme.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X