10 Kebiasaan Pagi untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 05/01/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi Ingram PublishingIlustrasi berjemur matahari, contoh perpindahan panas secara radiasi

KOMPAS.com – Menurunkan berat badan terkadang terasa mustahil untuk apa pun tujuannya.

Padahal, mengurangi berat badan beberapa kilogram tidak harus sepenuhnya mengubah pola makan dan gaya hidup saat ini.

Faktanya, membuat beberapa perubahan kecil pada rutinitas pagi dapat membantu menurunkan berat badan Anda dan mempertahankannya.

Baca juga: 3 Cara Mengukur Obesitas, Mana yang Terbaik?

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan pagi sederhana yang baik dimasukkan ke dalam keseharian Anda untuk membantu upaya penurunan berat badan:

1. Makan sarapan protein tinggi

Ada alasan bagus mengapa sarapan dianggap sebagai makanan terpenting dalam sehari.

Pasalnya, apa yang Anda makan untuk sarapan dapat menentukan asupan makanan sepanjang hari. Ini menentukan apakah Anda akan merasa kenyang dan puas sampai makan siang.

Melansir Health Line, makan sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar dan membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah penelitian pada 20 remaja perempuan, makan sarapan berprotein tinggi dapat mengurangi “mengidam” makanan setelah makan lebih efektif daripada sarapan berprotein normal.

Studi kecil lainnya menunjukkan bahwa makan sarapan berprotein tinggi dikaitkan dengan lebih sedikit penambahan lemak dan pengurangan asupan harian dan rasa lapar, dibandingkan dengan sarapan berprotein normal.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X