Kompas.com - 14/07/2021, 12:00 WIB
ilustrasi nyeri dada Shutterstock/9nongilustrasi nyeri dada

KOMPAS.com – Penyebab dada terasa sesak penting dicari dan diketahui secara pasti untuk mendukung proses pengobatan atas keluhan ini.

Dada sesak adalah kondisi yang bisa digambarkan sebagai ketidaknyamanan yang terjadi antara leher bagian bawah dan daerah perut bagian atas.

Sesak di dada dapat dirasakan di seluruh area dada atau terletak di satu titik atau beberapa titik di dada.

Baca juga: 10 Penyebab Hidung Tidak Bisa Mencium Bau, Bukan Hanya Gejala Covid-19

Dilansir dari WebMD, dada terasa sesak dapat terjadi pada semua kelompok umur. Kadang-kadang digambarkan sebagai tekanan di dada, nyeri dada, atau perasaan penuh atau berat di dada.

Sensasi sesak di dada dapat bervariasi dari orang ke orang dalam hal bagaimana rasanya dan seberapa sering itu terjadi.

Beberapa orang mungkin mengalami sesak dada hanya sekali, sementara yang lain dengan kondisi tertentu, seperti asma bisa mengalaminya lebih sering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dada terasa sesak bisa menjadi pengalaman yang meresahkan, terutama jika hal itu datang secara tidak terduga.

Banyak orang mungkin mengira mereka mengalami serangan jantung ketika mengalami sesak dada. Tapi pada dasarnya, ada banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab dada terasa sesak.

Dada sesak termasuk keluhan umum dan dapat dikaitkan dengan beberapa penyebab yang berbeda, termasuk infeksi, kondisi paru-paru, kondisi gastrointestinal (sistem pencernaan), alasan psikologis atau emosional, maupun cedera.

Penyebab dada terasa sesak

Dilansir dari Very Well Health, penelitian menunjukkan bahwa penyebab paling umum dari nyeri dada dan sesak dada adalah masalah muskuloskeletal, diikuti penyakit kardiovaskular dan kondisi pernapasan.

Baca juga: 11 Penyebab Sakit Tenggorokan, Bukan Hanya Gejala Covid-19


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X