Kompas.com - 26/01/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Memiliki tidur berkualitas dengan pola yang ajek merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada waktu tidur yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung?

Ya, waktu tidur setiap malam rupanya berkontribusi pada kesehatan jantung. Berikut hasil penelitian waktu tidur yang paling baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: Mengapa Waktu Tidur Bisa Berbeda-beda Tergantung Usia?

Kapan waktu tidur yang baik untuk menjaga kesehatan jantung?

Penelitian menunjukkan waktu tidur malam yang paling baik untuk kesehatan jantung adalah antara pukul 22.00 sampai 23.00.

Dilansir dari Guardian (9/11/2021), simpulan tersebut diperoleh dari studi yang meneliti 88.026 peserta dari UK Biobank.

Hasil penelitian menunjukkan, orang yang tidur antara jam 10 sampai 11 malam berisiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan pembuluh darah ketimbang orang yang tidur lebih awal atau begadang.

Studi yang diterbitkan di jurnal European Heart Journal – Digital Health ini juga melaporkan, peserta penelitian yang begadang lewat tengah malam memiliki risiko 25 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

Sedangkan untuk orang yang tidur antara pukul 11 malam sampai 12 malam, risikonya terkena penyakit jantung dan pembuluh darah lebih tinggi 12 persen ketimbang orang yang tidur di waktu ideal antara pukul 10 malam sampai 11 malam.

Baca juga: Rekomendasi Lamanya Waktu Tidur yang Baik untuk Kesehatan sesuai Usia

Bagaimana waktu tidur bisa memengaruhi kesehatan jantung?

Kepala penelitian sekaligus dosen dari University of Exeter Dr David Plans menyampaikan, pengaruh waktu tidur pada kesehatan jantung terkait dengan ritme sirkadian.

Perlu diketahui, ritme sirkadian adalah jam biologis atau internal alami yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh, termasuk kapan waktu bangun dan tidur.

Halaman:
Sumber Guardian

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.