Kompas.com - 25/02/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Setiap orangtua perlu mewaspadai penyebab herpes pada bayi.

Pasalnya, penyakit ini dapat membahayakan si kecil karena sistem kekebalan tubuh bayi belum cukup kuat untuk melawan virus biang penyakit.

Gejala herpes pada bayi biasanya muncul berupa luka lepuh kecil-kecil di mulut, mata, atau bibir si kecil. Kenali penyebab herpes pada bayi berikut cara mencegah penyakit ini.

Baca juga: Herpes pada Ibu Hamil: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Penyebab herpes pada bayi

Dilansir dari laman resmi Departement of Health New York, penyebab herpes pada bayi bisa berasal dari infeksi virus herpes simplex (HSV) 1 dan virus herpes simplex (HSV) 2. Berikut penularannya:

  • Virus herpes simplex 1

Infeksi virus herpes simplex 1 pada bayi bisa terjadi ketika penderita menularkan biang penyakit lewat air liur atau kontak secara langsung dengan luka herpes penderita.

Dikutip dari NHS, virus herpes bisa menyebar ke bayi ketika penderita herpes mencium bayi. Atau, ketika bayi menyusu dari ibu yang memiliki herpes di payudaranya.

Bayi paling rentan tertular herpes dalam empat minggu pertama setelah dilahirkan.

  • Virus herpes simplex 2

Infeksi virus herpes simplex 2 pada bayi disebabkan ibu hamil yang terkena herpes genital dan menularkan penyakitnya pada si kecil lewat proses persalinan via vagina.

Perlu diketahui, virus penyebab herpes sangat menular dan dapat menyebar meskipun penderita tidak merasakan gejala herpes.

Baca juga: 8 Gejala Herpes Genital dan Cara Mengobatinya

Cara mencegah herpes pada bayi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah herpes pada bayi, antara lain:

  • Ibu hamil yang punya riwayat atau sedang terkena penyakit herpes karena infeksi HSV-2 perlu berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya menyarankan ibu hamil pengidap herpes untuk melahirkan secara caesar
  • Setiap orang harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh atau kontak dengan bayi
  • Jangan sembarangan mencium bayi atau membiarkan orang yang tidak diketahui status kesehatannya mencium bayi, terlebih jika mereka memiliki luka lepuh di mulut, bibir, atau wajah

Selain mengenali penyebab herpes pada bayi, para orangtua juga perlu waspada dan berkonsultasi ke dokter apabila mendapati gejala penyakit ini.

Di antaranya demam naik turun, tidak nafsu makan, rewel, dan muncul luka lepuh di kulit bayi.

Baca juga: Penyebab Herpes Kulit dan Cara Mengobatinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.