Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Penyebab Herpes Pada Bayi, Orangtua Perlu Waspada

Kompas.com - 25/02/2022, 12:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orangtua perlu mewaspadai penyebab herpes pada bayi.

Pasalnya, penyakit ini dapat membahayakan si kecil karena sistem kekebalan tubuh bayi belum cukup kuat untuk melawan virus biang penyakit.

Gejala herpes pada bayi biasanya muncul berupa luka lepuh kecil-kecil di mulut, mata, atau bibir si kecil. Kenali penyebab herpes pada bayi berikut cara mencegah penyakit ini.

Baca juga: Herpes pada Ibu Hamil: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Penyebab herpes pada bayi

Dilansir dari laman resmi Departement of Health New York, penyebab herpes pada bayi bisa berasal dari infeksi virus herpes simplex (HSV) 1 dan virus herpes simplex (HSV) 2. Berikut penularannya:

  • Virus herpes simplex 1

Infeksi virus herpes simplex 1 pada bayi bisa terjadi ketika penderita menularkan biang penyakit lewat air liur atau kontak secara langsung dengan luka herpes penderita.

Dikutip dari NHS, virus herpes bisa menyebar ke bayi ketika penderita herpes mencium bayi. Atau, ketika bayi menyusu dari ibu yang memiliki herpes di payudaranya.

Bayi paling rentan tertular herpes dalam empat minggu pertama setelah dilahirkan.

  • Virus herpes simplex 2

Infeksi virus herpes simplex 2 pada bayi disebabkan ibu hamil yang terkena herpes genital dan menularkan penyakitnya pada si kecil lewat proses persalinan via vagina.

Perlu diketahui, virus penyebab herpes sangat menular dan dapat menyebar meskipun penderita tidak merasakan gejala herpes.

Baca juga: 8 Gejala Herpes Genital dan Cara Mengobatinya

Cara mencegah herpes pada bayi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah herpes pada bayi, antara lain:

  • Ibu hamil yang punya riwayat atau sedang terkena penyakit herpes karena infeksi HSV-2 perlu berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya menyarankan ibu hamil pengidap herpes untuk melahirkan secara caesar
  • Setiap orang harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh atau kontak dengan bayi
  • Jangan sembarangan mencium bayi atau membiarkan orang yang tidak diketahui status kesehatannya mencium bayi, terlebih jika mereka memiliki luka lepuh di mulut, bibir, atau wajah

Selain mengenali penyebab herpes pada bayi, para orangtua juga perlu waspada dan berkonsultasi ke dokter apabila mendapati gejala penyakit ini.

Di antaranya demam naik turun, tidak nafsu makan, rewel, dan muncul luka lepuh di kulit bayi.

Baca juga: Penyebab Herpes Kulit dan Cara Mengobatinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com