Kompas.com - 04/03/2022, 21:01 WIB

KOMPAS.com - Tidur setelah makan adalah kebiasaan yang tidak sehat dan perlu dihindari.

Untuk itu, pastikan Anda tak langsung tidur setelah makan serta memperhatikan jarak antara jam makan dan tidur yang ideal.

Berikut waktu ideal tidur setelah makan dan alasan kenapa setelah makan tidak boleh langsung tidur.

Baca juga: Kenapa Tiba-tiba Bersin dan Pilek Setelah Makan?

Berapa jam jarak setelah makan boleh tidur?

Dilansir dari Verywell Health, beberapa ahli gizi menyebutkan, jarak setelah makan boleh tidur paling aman sekitar tiga jam.

Namun, apabila makanan yang dikonsumsi relatif ringan seperti buah dan sayur, jarak antara waktu makan dan tidur boleh minimal sekitar satu jam.

Semakin “berat” jenis makanan yang dikonsumsi, misalkan steak atau makanan cepat saji, proses mencerna makanan butuh waktu lebih lama.

Sebagai informasi, jeda waktu sekitar beberapa jam antara tidur dan makan ini merujuk pada lamanya proses pencernaan makanan dari mulai masuk ke mulut sampai singgah di usus.

Baca juga: Kenapa Perut Bunyi Setelah Makan?

Kenapa setelah makan tidak boleh langsung tidur?

Selain mempertimbangkan proses pencernaan, ada beberapa alasan kenapa setelah makan kita tidak boleh langsung tidur.

Dilansir dari LiveStrong, efek tidur setelah makan bisa menyebabkan masalah kesehatan kesehatan berikut:

  • Asam lambung naik

Proses pencernaan dapat berjalan optimal ketika dilakukan dalam posisi tegak. Apabila Anda berbaring dalam kondisi perut masih penuh makanan, asam lambung dapat naik dari perut ke kerongkongan.

  • Menyebabkan susah tidur dan mimpi buruk

Jarak antara waktu tidur dan makan yang terlalu dekat juga bisa menyebabkan susah tidur di malam hari.

Kondisi ini dipengaruhi asam lambung naik atau proses pencernaan yang terganggu. Selain itu, jarak makan dan tidur yang terlalu dekat juga bisa menyebabkan otak lebih aktif dan memicu mimpi buruk.

Mengingat beberapa alasan kenapa setelah makan tidak boleh langsung tidur di atas, ada baiknya Anda mengatur waktu makan terakhir dan jadwal tidur jaraknya sekitar satu sampai tiga jam agar tidak ada masalah kesehatan.

Baca juga: 3 Bahaya Tidur Setelah Makan yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.