Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Pebalap Marc Marquez kembali mengidap diplopia atau gangguan penglihatan ganda setelah mengalami kecelakaan fatal pada sesi warm up MotoGP Indonesia 2022, Minggu (20/3/2022).

Dilansir dari Kompas.com (22/3/2022), pebalap Repsol Honda pengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP tersebut terlempar dari motor Honda RC213V 2022 yang ditungganginya saat akan melintasi Tikungan 7 Sirkuit Mandalika.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Barcelona dan Madrid, tim dokter yang menangani pebalap berjuluk The Baby Alien ini menyatakan, diplopia Marc Marquez kambuh setelah cedera kepala memicu kelumpuhan saraf.

Baca juga: Penjelasan Dokter soal Diplopia Marquez yang Kambuh Usai MotoGP Mandalika

Sebagai informasi, Marc Marquez tercatat sudah tiga kali mengalami diplopia. Ia kali pertama mengalami gangguan penglihatan ini setelah kecelakaan pada sesi latihan Grand Prix Malaysia 2011 di Sirkuit Sepang.

Satu dekade kemudian, Marc Marquez kembali menderita diplopia dan gegar otak ringan setelah mengalami kecelakaan saat berlatih motorcross pada akhir Oktober 2021.

Untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit ini, simak penjelasan apa itu diplopia, gejala, dan penyebabnya berikut.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinoblastoma, Kanker Mata yang Kerap Menyerang Anak

Apa itu diplopia?

Dilansir dari All About Vision, diplopia adalah gangguan penglihatan ganda yang menyebabkan pengidapnya melihat dua gambar dari satu objek.

Gangguan ini biasanya terjadi sementara. Tapi, diplopia pantang disepelekan karena bisa jadi gejala penyakit yang berbahaya.

Biasanya, diplopia dialami kalangan lansia yang berusia di atas 60 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan orang yang usianya lebih muda bisa mengalaminya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mata Lelah secara Alami

Gejala diplopia

Gejala diplopia yang utama yakni pandangan berbayang ganda ke arah atas atau vertikal, ke arah samping atau horizontal, atau pandangan berbayang ketika salah satu mata ditutup.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+