Kompas.com - 06/04/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Sebagian umat muslim yang menjalankan ibadah Ramadhan acapkali bertanya-tanya, sebenarnya kapan waktu yang tepat minum kopi pada saat bulan puasa?

Pasalnya, selama ini ada anggapan minum kopi saat sahur bisa menyebabkan orang dehidrasi, karena kandungan kafein dalam asupan ini dapat membuat sering kencing.

Sementara itu, minum kopi saat buka puasa terkadang juga bisa membuat orang jadi susah tidur di malam hari. Akibatnya, orang jadi telat atau bahkan melewatkan sahur.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Susah BAB Saat Puasa

Padahal, bagi orang yang sudah terbiasa minum kopi, sehari-hari tanpa mengonsumsi asupan ini terkadang merasakan gejala penarikan kafein.

Beberapa tanda-tandanya yakni sakit kepala, kelelahan, dan suasana hati jadi lebih buruk.

Untuk menjawab kegamangan orang yang tengah menjalankan ibadah puasa dan terbiasa minum kopi setiap hari, simak penjelasan berikut.

Waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa

Waktu yang tepat untuk minum kopi saat bulan puasa yakni setelah kelar santap sahur atau selepas menyantap hidangan buka puasa sebelum isya.

Asalkan tidak berlebihan, perut sudah terisi, dan tidak ada riwayat gangguan pencernaan, minum kopi pada saat bulan puasa umumnya aman.

Dilansir dari Buzzfeed, tubuh setiap orang biasanya memiliki preferensi sendiri, kapan waktunya paling pas minum kopi.

Bagi orang yang sudah biasa minum kopi di pagi hari, Anda bisa minum kopi saat sahur.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.