Kompas.com - 10/06/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Usus merupakan rumah bagi triliunan mikroorganisme yang dikenal sebagai mikrobioma usus, termasuk bakteri, virus, jamur, dan mikroba lainnya.

Sebagian besar bakteri di usus memiliki hubungan timbal balik atau simbiosis dengan tubuh manusia.

Mikroorganisme dapat mendukung fungsi tubuh manusia dengan menghasilkan vitamin, asam lemak, dan asam amino yang digunakan untuk kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, hingga mengatur suasana hati.

Sementara itu, tubuh manusia dapat mendukung kesehatan dan mikroorganisme yang terdapat di dalam usus.

Baca juga: 8 Kebiasaan Tidak Sehat Mengancam Kesehatan Usus

Saat sehat dan berkembang dengan baik mikrobioma usus memang memberi banyak manfaat, namun ketika tidak, bakteri-bakteri tersebut akan menjadi penyebab penyakit sistem pencernaan, seperti kanker usus besar, iritasi usus besar (ibs), hingga defisiensi mikronutrien.

Olahraga membuat usus lebih sehat

Dilansir dari Frontiersin, penelitan menyatakan, kegiatan fisik rutin seperti olahraga, bisa membuat usus lebih sehat dan menghindari penyakit-penyakit pencernaan seperti di atas.

Saat Anda berolahraga, oksigen akan mengalir lebih lancar menuju otak, suhu tubuh memanas, dan terjadi redistribusi aliran darah.

Para peneliti menyebut kondisi tersebut sangat bagus untuk perkembangan bakteri dalam mikrobioma usus.

"Olahraga menyebabkan perubahan penting yang membantu mikroba usus berkembang dan berubah, karena hal itu, manusia mendapatkan molekul yang berguna bagi tubuh," ujar Taylor Valentino, PhD, peneliti di University of Utah di Salt Lake City, yang mempelajari kaitan antara perkembangan otot dengan mikrobioma.

Baca juga: Tanda-tanda Usus Tidak Sehat yang Harus Diperhatikan

Asisten profesor fisiologi olahraga di University of Illinois di Urbana-Champaign, Jacob Allen, PhD, juga menyimpulkan hal yang sama, yaitu olahraga teratur bisa mempercepat proses dalam meningkatkan berbagai jenis spesies mikroba di dalam usus serta mendorong bakteri untuk berkembang.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.