Kompas.com - 16/06/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Antidepresan adalah obat yang digunakan untuk mengobati gangguan depresi mayor, beberapa gangguan kecemasan, beberapa kondisi nyeri kronis, dan untuk membantu mengelola beberapa kecanduan.

Manfaat obat antidepresan ialah mengelola gejala depresi, seperti mengurangi pikiran, perasaan, serta perilaku untuk bunuh diri, meningkatkan kualitas tidur, dan energi.

Banyak asumsi bahwa obat antidepresan dapat memengaruhi kualitas hidup penyintas.

Baca juga: 4 Tips Mengatasi Episode Depresi Pada Pasien Bipolar

Kenyataannya, berdasarkan penelitian, obat antidepresan tidak memberi pengaruh apapun pada peningkatan kualitas hidup penyintas.

Meskipun gejala khas depresi, seperti kesedihan atau keputusasaan, mudah dikenali, ada gejala yang mungkin kurang terlihat.

Melansir Verywell Health, penelitian di King Saud University, menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan terkait kualitas hidup orang yang mengonsumsi anti depresan dengan yang tidak.

"Banyak orang berharap obat-obatan anti depresan berdampak pada kesehatan, kesejahteraan, dan kepuasan hidup mereka. Jadi, memang sulit untuk memahami bahwa efek seperti itu tidak ada," ujar konselor profesional, EricPatterson, LPC, dikutip dari Verywell Health.

“Hanya karena gejala depresi Anda berkurang tidak berarti hidup Anda lebih baik, lebih bahagia, atau lebih memuaskan,” katanya.

Seimbangkan kondisi mental orang depresi

Hal senada juga disampaikan psikoterapis Leighya Richard, LMHC yang mengatakan bahwa antidepresan pada dasarnya hanya untuk menyeimbangkan kondisi pasien depresi, dengan kata lain mencegah kondisi kronis.

"Antidepresan digunakan untuk menjaga atau menyeimbangkan kondisi kesehatan mental, bukan menyembuhkan," ujar Leighya Richard kepada Verywell Health.

"Antidepresan mencegah pasien mengalami kondisi kronis, namun pola pikir, gaya hidup, serta perilaku mereka rata-rata tidak berubah," tambahnya.

Baca juga: Kenali Gejala Burnout dan Bedanya dengan Depresi

Oleh karena itu, seseorang yang menderita depresi seharusnya tak hanya bergantung pada antidepresan dan obat-obatan lain.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.