Kompas.com - 07/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.COM - Bagi sebagian pasangan suami istri, kehadiran buah hati adalah momen yang sudah dinantikan sehingga rasa tak ingin kehilangan tentu memenuhi benak mereka. Itu sebabnya, risiko keguguran sering membuat ibu hamil dan calon ayah merasa khawatir.

Keguguran atau dalam bahasa medis disebut dengan aborsi spontan merupakan kondisi hilangnya janin pada 20 minggu pertama kehamilan.

Penyebab keguguran yang paling umum adalah kelainan kromosom yang membuat bayi tidak berkembang secara normal, atau bahkan terjadi kehamilan kosong (blighted ovum).

Mengutip Baby Center, keguguran biasanya ditandai dengan pendarahan, kram perut yang tak kunjung reda, adanya jaringan yang keluar dari vagina, hingga nyeri punggung bagian bawah.

Baca juga: Ketahui Penyebab Perdarahan Saat Hamil, Belum Tentu Keguguran

Ibu hamil disarankan untuk segera ke dokter jika mengalami satu dari tanda keguguran tersebut. Apabila janin tidak bisa diselamatkan, ahli medis akan melakukan tindakan, seperti dilatasi dan kuretase demi mencegah komplikasi.

Faktor risiko keguguran

Untuk mencegah keguguran, ada baiknya para pasutri untuk mengetahui beberapa faktor risiko yang menyebabkan keguguran, antara lain:

1. Usia

Janin yang dikandung wanita berusia 35 tahun ke atas mungkin akan memiliki kelainan kromosom sehingga mengakibatkan gagal tumbuh yang berujung pada kondisi keguguran.

Kemudian, wanita yang hamil pada 40 tahun juga memiliki dua kali risiko lebih besar alami keguguran.

2. Riwayat keguguran

Seorang wanita yang dua kali atau lebih keguguran berturut-turut lebih mungkin mengalami kondisi yang sama, dibandingkan wanita lain.

3. Penyakit atau gangguan kronis

Beberapa penyakit atau gangguan kronis yang dapat memicu keguguran pada ibu hamil antara lain adalah diabetes yang tidak terkontrol, penyakit autoimun (seperti sindrom antifosfolipid atau lupus), serta gangguan hormonal.

Baca juga: 10 Larangan untuk Ibu Hamil Agar Tidak Keguguran

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.