Kompas.com - 08/07/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Pembengkakan jantung adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika jantung yang membesar.

Masalah kesehatan yang dikenal dengan kardiomegali ini bukanlah suatu penyakit, tapi kondisi yang jadi tanda suatu penyakit.

Kondisi ini bisa bersifat ringan, parah, hanya muncul sementara, atau berkepanjangan.

Kenali penyebab pembengkakan jantung dan cara mencegah masalah kesehatan ini.

Baca juga: 7 Gejala Jantung Bengkak dan Penyebabnya

Penyebab pembengkakan jantung

Pembengkakan jantung disebabkan oleh kerusakan otot jantung atau segala hal yang membuat jantung bekerja lebih keras, berikut beberapa di antaranya:

  • Penyakit jantung bawaan

Dilansir dari MayoClinic, penyakit jantung bawaan terkadang bisa memengaruhi struktur dan fungsi jantung. Akibatnya, otot jantung lebih besar dan lemah ketimbang kondisi normal. Kondisi ini bisa mengakibatkan jantung bengkak.

  • Serangan jantung

Serangan jantung meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut dan merusak jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung susah memompa darah ke tubuh dan imbasnya organ vital ini bisa bengkak sampai gagal jantung.

  • Gangguan otot jantung

Gangguan otot jantung bisa membuat jantung kaku dan menebal. Kondisi ini menyebabkan jantung susah memompa darah dan jantung membengkak.

Baca juga: Apakah Jantung Bengkak Bisa Sembuh?

  • Penumpukan cairan di sekitar jantung

Cedera pada bagian dada atau jantung bisa membuat cairan menumpuk di kantung atau selubung jantung. Kondisi ini memantik jantung terlihat bengkak saat pemeriksaan rontgen dada.

  • Gangguan katup jantung

Katup jantung berguna untuk mengontrol aliran darah mengalir tetap lancar. Penyakit atau kondisi yang merusak salah satu katup bisa mengganggu aliran darah dan menyebabkan salah satu bagian jantung membengkak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.