Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Penyebab Pembengkakan Jantung, Bisa Hipertensi sampai Infeksi Virus

Kompas.com - 08/07/2022, 20:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Pembengkakan jantung adalah masalah kesehatan yang terjadi ketika jantung yang membesar.

Masalah kesehatan yang dikenal dengan kardiomegali ini bukanlah suatu penyakit, tapi kondisi yang jadi tanda suatu penyakit.

Kondisi ini bisa bersifat ringan, parah, hanya muncul sementara, atau berkepanjangan.

Kenali penyebab pembengkakan jantung dan cara mencegah masalah kesehatan ini.

Baca juga: 7 Gejala Jantung Bengkak dan Penyebabnya

Penyebab pembengkakan jantung

Pembengkakan jantung disebabkan oleh kerusakan otot jantung atau segala hal yang membuat jantung bekerja lebih keras, berikut beberapa di antaranya:

  • Penyakit jantung bawaan

Dilansir dari MayoClinic, penyakit jantung bawaan terkadang bisa memengaruhi struktur dan fungsi jantung. Akibatnya, otot jantung lebih besar dan lemah ketimbang kondisi normal. Kondisi ini bisa mengakibatkan jantung bengkak.

  • Serangan jantung

Serangan jantung meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut dan merusak jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung susah memompa darah ke tubuh dan imbasnya organ vital ini bisa bengkak sampai gagal jantung.

  • Gangguan otot jantung

Gangguan otot jantung bisa membuat jantung kaku dan menebal. Kondisi ini menyebabkan jantung susah memompa darah dan jantung membengkak.

Baca juga: Apakah Jantung Bengkak Bisa Sembuh?

  • Penumpukan cairan di sekitar jantung

Cedera pada bagian dada atau jantung bisa membuat cairan menumpuk di kantung atau selubung jantung. Kondisi ini memantik jantung terlihat bengkak saat pemeriksaan rontgen dada.

  • Gangguan katup jantung

Katup jantung berguna untuk mengontrol aliran darah mengalir tetap lancar. Penyakit atau kondisi yang merusak salah satu katup bisa mengganggu aliran darah dan menyebabkan salah satu bagian jantung membengkak.

  • Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja ekstra keras untuk memompa darah untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tekanan ini membuat otot jantung membesar, melemah, dan jantung bengkak.

  • Hipertensi paru

Hipertensi paru atau tekanan darah tinggi di pembuluh darah arteri paru-paru membuat jantung bekerja keras untuk memindahkan darah antara paru-paru dan jantung. Tekanan ini bisa membuat sisi kanan jantung menebal atau bengkak.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Jantung Bengkak

  • Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah membuat jantung harus memompa darah lebih keras untuk menggenapi kekurangan oksigen dalam darah.

  • Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid) bisa sama-sama jadi penyebab pembengkakan jantung.

  • Kelebihan zat besi

Kelebihan zat besi bisa membuat zat ini menumpuk di berbagai organ, termasuk jantung. Kondisi ini dapat memicu pembengkakan jantung di bilik sebelah kiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com