Kompas.com - 30/08/2022, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Infeksi oportunistik merupakan komplikasi akibat human immunodeficiency virus (HIV) yang sudah berkembang menjadi acquired immunodeficiency syndrome (AIDS). Ini merupakan kondisi serius yang harus mendapat penanganan tepat dari layanan kesehatan.

HIV adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan dan melemahkan pertahanan tubuh saat terserang infeksi.

Tahap atau stadium lanjut dari HIV yang tidak diobati bisa berkembang menjadi AIDS. Pada fase AIDS, jumlah sel CD4 turun drastis di bawah 200.

Baca juga: 5 Cara untuk Menurunkan Risiko Tertular HIV/AIDS

Ketika sel CD4 sangat minim, tubuh semakin kesulitan melawan infeksi. Kondisi ini menyebabkan orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mengalami infeksi oportunistik.

Infeksi oportunistik merupakan infeksi akibat jamur, virus, parasit, atau bakteri yang terjadi pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti pengidap HIV/AIDS.

Berikut 4 macam infeksi oportunistik yang kerap terjadi pada penderita HIV/AIDS.

1. Kandidiasis

Kandidiasis adalah infeksi oportunistik (IO) yang sangat umum pada orang terinfeksi HIV/AIDS. Infeksi ini disebabkan oleh sejenis jamur yang umum, yang disebut kandida.

Infeksi jamur ini menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut, tenggorokan, kerongkongan, jaringan paru-paru dalam, hingga vagina.

Kandidiasis yang menyerang vagina menyebabkan vulva meradang dan gatal-gatal yang intens. Selain itu, muncul pula cairan putih kental dari vagina.

Sementara itu, kandidiasis yang menyerang mulut atau biasa disebut oral lebih sering menyerang bayi yang tertular HIV/AIDS dari sang ibu serta orang dengan defisiensi imun.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.