Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Ikatan Konservasi Gigi Indonesia (IKORGI) menyelanggarakan Seminar Nasional IKORGI (SINI) yang kelima yang berlangsung pada 11-13 November 2022 di ICE BSD Tangerang. Kegiatan ini menjadi ajang bagi para dokter gigi bertukar ilmu.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia SINI V, Dr. drg.Rina Permatasi Sp.KG, SINI merupakan pertemuan ilmiah rutin setiap dua tahun sekali.

“Tahun ini dihadiri oleh 1.300 orang, terdiri dari 1000 dokter gigi spesialis konservasi gigi atau anggota IKORGI seluruh Indonesia, serta 300 orang dokter gigi, dokter gigi internship dan residen,” kata Rina di sela acara pembukaan SINI V (11/11/2022).

Dia menyebutkan, dokter gigi harus selalu memperbarui ilmu dan juga dituntut melakukan penelitian, menulis hasil penelitian, serta membedah referensi.

“Jadi tidak cuma update ilmu, tetapi juga upgrade keterampilan,” ujarnya.

Baca juga: 8 Masalah Gigi dan Mulut beserta Cara Mengatasinya

Panitia SINI V dan Pengurus IKORGI, dari kiri ke kanan:  Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG, drg. Wiena Widyastuti, Sp.KG, Subsp.KE(K), Dr.drg. Dudi Aripin, Sp.KG, Subsp. KR(K),  Prof. Dr.,drg. Ratna Meidyawati, Sp.KG, Subsp.KR(K), Dr. drg. Anggraini Margono, Sp.KG, Subsp.KE(K).Dok IKORGI Panitia SINI V dan Pengurus IKORGI, dari kiri ke kanan: Dr. drg. Rina Permatasari, Sp.KG, drg. Wiena Widyastuti, Sp.KG, Subsp.KE(K), Dr.drg. Dudi Aripin, Sp.KG, Subsp. KR(K), Prof. Dr.,drg. Ratna Meidyawati, Sp.KG, Subsp.KR(K), Dr. drg. Anggraini Margono, Sp.KG, Subsp.KE(K).

Ditambahkan oleh Ketua Pengurus Pusat IKORGI, Dr. drg Dudi Aripin Sp.KG, masa pandemi membuat riset klinis menurun, sehingga pada ajang SINI V ini lebih banyak yang dipresentasikan hasil laporan kasus dan review literatur.

Dalam kegiatan ini jgua diundang pembicara nasional dan internasional untuk membahas berbagai topik, termasuk hasil-hasil penelitian terbaru.

“Sesuai dengan tema SINI V tahun ini, From Scientific to Clinical Practice in Conservative Dentistry, semua yang dilakukan dokter gigi terhadap pasiennya harus berdasarkan studi klinis atau penelitian, tidak bisa sembarangan,” katanya.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang secara Medis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+