Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ibu Hamil Boleh Puasa? Kenali Risiko dan Tips Amannya

Kompas.com - 24/03/2023, 17:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu pertanyaan yang kerap muncul pada pasangan yang tengah menantikan kelahiran buah hatinya selama Ramadhan adalah, apakah ibu hamil boleh puasa?

Pernyataan tersebut biasanya tercetus dari bagian kehati-hatian pasangan yang jamak berupaya semaksimal mungkin menjaga kesehatan ibu hamil.

Seperti diketahui, sebenarnya hukum puasa untuk ibu hamil dan ibu menyusui tidak wajib.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Es?

Ibu hamil dan menyusui diperbolehkan mengganti ibadah puasanya dengan membayar fidiah, sesuai jumlah hari puasa yang dilewatkan.

Namun, terkadang ada sebagian ibu hamil yang tetap ingin menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Nah, berikut panduan puasa untuk ibu hamil dari sisi kesehatan yang perlu dipertimbangkan pasangan yang tengah mendambakan momongan.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Daging Kambing?

Apakah ibu hamil boleh puasa?

Dari sudut pandang kesehatan, ibu hamil boleh puasa asalkan kondisi kesehatan calon ibu dan janin dalam kondisi prima, serta usia kandungannya memadai.

Dilansir dari PregnancyBirthBaby, puasa saat hamil trimester 1 umumnya diperbolehkan, namun perlu dipastikan kondisi ibu hamil sehat dan tidak mengalami morning sickness (mual dan muntah) atau masalah kesehatan lain.

Selain itu, puasa saat hamil trimester 2 dan 3 umumnya tidak dianjurkan sejumlah ahli kesehatan.

Menurut studi yang diterbitkan di Journal of Nutrition, ibu hamil boleh puasa pada trimester 1 karena kebutuhan asupan atau energi pada awal kehamilan tidak berbeda jauh dengan wanita yang tidak hamil.

Sedangkan bumil tidak dianjurkan puasa pada trimester 2 ke atas karena kebutuhan energinya sudah meningkat sekitar 340 kkal/hari.

Di luar faktor usia kandungan, ibu hamil dengan kehamilan berisiko, diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, bobot janin di dalam kandungan di bawah normal, atau cuaca saat puasa sangat panas serta rawan dehidrasi juga tidak disarankan puasa.

Agar lebih aman untuk kesehatan, boleh tidaknya ibu hamil menjalankan ibadah puasa perlu didiskusikan dengan dokter atau bidan yang menangani.

Baca juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Durian?

Apakah bahaya jika ibu hamil puasa?

Terdapat beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan ibu hamil sebelum berpuasa, antara lain:

  • Meningkatkan risiko bayi prematur

Dilansir dari American Society for Nutrition, penelitian yang menganalisis 3 juta kelahiran di Kanada menunjukkan, puasa saat hamil di trimester 2 ke atas meningkatkan risiko bayi prematur sebanyak 35 persen dibandingkan ibu hamil yang tidak puasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com