Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Proses Operasi Katarak, Lamanya, dan Pemulihan Setelah Operasi

Kompas.com - 17/04/2023, 09:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Operasi katarak adalah salah satu cara mengobati katarak agar lensa mata yang keruh bisa kembali jernih seperti sedia kala.

Penderita dianjurkan menjalani operasi apabila mengalami gejala katarak seperti penglihatan kabur atau berbayang, sensitivitas warna atau kontras saat melihat menurun, mudah silau, atau muncul lingkaran cahaya saat melihat lampu.

Bagi Anda atau orang terdekat yang akan menjalani operasi katarak, simak penjelasan seputar proses operasi katarak, lamanya, sampai pemulihan setelah operasi.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Operasi Katarak, dari Persiapan sampai Setelah Operasi

Bagaimana proses operasi katarak?

Menurut KMN EyeCare, ada 4 langkah proses operasi katarak yang dilakukan dokter, yakni:

  • Dokter akan memberikan anestesi atau bius lokal selama prosedur operasi katarak, dengan begitu pasien tidak merasakan nyeri. Setelah itu, pasien diberikan obat khusus untuk memperlebar pupil mata untuk memudahkan operasi
  • Dokter lantas membuat sayatan yang sangat kecil di bagian kornea mata untuk jalur masuk dan keluar alat yang digunakan selama operasi
  • Proses selanjutnya, lensa mata yang kerus akan dipecah-pecah menjadi bagian kecil menggunakan teknologi ultrasound. Pecahan tersebut lantas disedot dengan alat yang disebut phacoemulsifier
  • Setelah lensa mata keruh diangkat dan dibersihkan, lalu dokter memasukkan lensa buatan ke dalam kapsul lensa yang sama. Lensa buatan ini berguna untuk menggantikan lensa mata asli yang sudah rusak
  • Setelah lensa buatan terpasang, dokter akan menutup sayatan dengan jahitan halus atau di sebagian besar kasus tidak dilakukan jahitan sama sekali

Untuk diketahui, selama operasi katarak berlangsung, pasien akan tetap dalam kondisi sadar dan dapat membuka mata, hingga semua tindakan bedah selesai dilakukan.

Meskipun sadar, pasien tidak merasakan nyeri karena sudah diberi bius lokal selama operasi katarak.

Baca juga: 12 Penyebab Katarak pada Mata, Tak Hanya Penuaan

Berapa lama operasi katarak berlangsung?

Operasi katarak termasuk jenis operasi ringan yang membutuhkan waktu singkat. Lamanya proses operasi katarak berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Operasi ini dikerjakan pada salah satu mata. Apabila penderita mengidap katarak di kedua mata, pelaksanaan operasi dilakukan secara terpisah, menunggu mata yang sudah dioperasi sembuh terlebih dahulu.

Setelah operasi, pasien biasanya diperbolehkan pulang pada hari yang sama. Namun, untuk meminimalkan risiko komplikasi, penderita perlu melakukan perawatan yang tepat setelah operasi.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Katarak, Tak Selalu Perlu Operasi

Bagaimana perawatan setelah operasi katarak?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk perawatan setelah operasi katarak, di antaranya:

  • Gunakan obat tetes mata sesuai anjuran dokter
  • Pakai pelindung mata khusus saat tidur, saat mandi, atau saat keramas setidaknya selama seminggu setelah operasi
  • Konsumsi obat penghilang rasa sakit sesuai anjuran dokter, apabila diperlukan atau bekas operasi terasa nyeri
  • Periksa ke dokter sesuai dengan jadwal kunjungan
  • Pakai kacamata hitam ketika berada di luar ruangan

Selain menjalankan beberapa hal untuk menunjang perawatan setelah operasi katarak di atas, hindari juga beberapa pantangannya.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Katarak pada Mata yang Kerap Dirasakan Pengidapnya

Apa hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi katarak?

Menurut Rumah Sakit Mata Bali Mandara, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setidaknya dalam waktu sebulan setelah operasi katarak:

  • Mata yang dioperasi katarak terkena sabun, air, debu, atau asap
  • Mata yang dioperasi katarak dikucek, diraba, digaruk, terkena tangan yang kotor, atau dilap sembarangan
  • Tidur dengan posisi tengkurap
  • Mengejan berlebihan saat buang air besar, menunduk, batuk atau bersin dengan kencang, atau mengangkat beban berat
  • Tidak minum atau menggunakan obat sesuai anjuran dokter
  • Tidak memakai kacamata saat beraktivitas di luar ruangan

Hindari beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi katarak di atas. Dengan begitu, proses pemulihan setelah prosedur medis ini bisa berjalan optimal.

Baca juga: Mengapa Diabetes Dapat Menyebabkan Katarak?

Berapa lama pemulihan setelah operasi katarak?

Lamanya proses pemulihan setelah operasi katarak biasanya memakan waktu sekitar satu bulan.

Selama proses pemulihan tersebut, penderita disarankan menjalani anjuran dan menghindari hal yang tidak boleh dilakukan setelah operasi katarak di atas.

Selain itu, penderita juga perlu berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk memantau kondisi mata dan memastikan tidak ada komplikasi kesehatan setelah operasi katarak.

Apabila ada keluhan pada mata yang dioperasi seperti sakit atau nyeri hebat, mata merah, mata bengkak, atau penglihatan menjadi semakin kabur setelah operasi katarak, segera kontrol atau periksa ke dokter yang menangani operasi.

Setelah menyimak proses operasi katarak, lamanya, sampai pemulihan setelah operasi katarak di atas, Anda yang masih punya pertanyaan seputar prosedur medis untuk masalah mata terkait penuaan ini dapat bertanya pada dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com