Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sering Mengantuk Padahal Sudah Cukup Tidur?

Kompas.com - 14/01/2024, 12:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Mendapatkan tidur yang cukup di malam hari akan membuat Anda bangun dengan lebih segar di pagi hari. Namun, mengapa sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Ternyata, sering mengantuk padahal sudah cukup tidur dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup yang tidak sehat dan masalah kesehatan tertentu.

Melakukan pola hidup sehat dan mengatasi masalah kesehatan yang dialami umumnya akan membuat Anda terhindar dari rasa kantuk setelah mendapatkan waktu tidur di malam hari.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab sering mengantuk padahal sudah cukup tidur dan cara mengatasinya berikut ini.

Mengapa sering mengantuk padahal sudah cukup tidur?

Ternyata, sering mengantuk padahal sudah cukup tidur umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat serta masalah kesehatan tertentu.

Disarikan dari Healthline dan Cleveland Clinic, berikut adalah penyebab sering mengantuk padahal sudah cukup tidur berikut ini.

  • Mengalami gangguan tidur

Anda yang merasa mengantuk meskipun sudah mendapatkan tidur yang cukup bisa jadi mengalami gangguan tidur, seperti sleep apnea dan sindrom kaki gelisah.

Beberapa gangguan tidur tersebut dapat membuat Anda sering terbangun saat tidur sehingga kualitas tidur yang didapatkan juga akan menurun.

  • Mengalami gangguan tiroid

Rasa mengantuk yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh gangguan tiroid.

Merasa mengantuk di siang hari umumnya merupakan gejala hipotiroid di mana tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid yang cukup sehingga metabolisme akan menurun dan memicu rasa lelah.

Baca juga: 8 Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mengantuk, serta Cara Mengatasinya

  • Memiliki kebiasaan makan yang tidak sehat

Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat dapat membuat tubuh kekurangan kalori dan nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan energi.

Makanan yang dikonsumsi juga akan menurunkan kualitas tidur di malam hari dan memicu kadar gula darah tinggi sehingga Anda akan merasa lebih lelah serta mengantuk.

  • Mengalami anemia

Rasa mengantuk dan lelah yang muncul secara terus-menerus bisa jadi merupakan gejala anemia.

Selain merasa mengantuk dan lelah, Anda yang mengidap anemia juga akan mengalami gejala lainnya, seperti napas pendek, nyeri dada, kulit pucat, dan pusing.

  • Mengalami gangguan kesehatan mental

Beberapa masalah kesehatan mental, seperti stres, kecemasan, dan depresi, dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk di siang hari meskipun sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup di malam hari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com