Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mengantuk? Berikut 10 Daftarnya…

Kompas.com - 05/08/2024, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

Sumber ,Healthline

KOMPAS.com - Badan yang terasa cepat lelah dan mengantuk bisa sangat mengganggu aktivitas. Lalu, apa penyebab badan cepat lelah dan mengantuk?

Ternyata, badan cepat lelah dan mengantuk bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, seperti anemia, gangguan tiroid, diabetes tipe 2, dan depresi.

Meskipun begitu, beberapa kondisi dan faktor kebiasaan juga bisa membuat Anda cepat lelah dan mudah mengantuk, seperti kurang tidur, kebiasaan minum kopi, dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa penyebab badan cepat lelah dan mengantuk berikut ini.

Baca juga: Gejala Penyakit Apa jika Sering Mengantuk? Berikut 10 Daftarnya…

Apa penyebab badan cepat lelah dan mengantuk?

Badan cepat lelah dan mengantuk bisa disebabkan oleh beberapa kondisi dan masalah kesehatan, termasuk diabetes tipe 2, depresi, gangguan tiroid, dan anemia.

Disarikan Healthline dan Prevention, berikut adalah beberapa penyebab badan cepat lelah dan mengantuk yang perlu diketahui.

  • Anemia

Badan yang cepat lelah dan mengantuk bisa jadi disebabkan oleh kekurangan sel darah merah yang bertugas untuk menyalurkan oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel-sel tubuh.

Selain cepat lelah dan mudah mengantuk, kekurangan sel darah merah bisa membuat Anda sulit tidur dan konsentrasi, peningkatan denyut jantung, nyeri dada, dan sakit kepala.

  • Gangguan tiroid

Kelebihan hormon tiroid, atau hipertiroid, akan mempercepat metabolisme. Sebaliknya, kekurangan hormon tiroid, atau hipotiroid, akan memperlambat metabolisme.

Kedua kondisi ini bisa menyebabkan rasa lelah dan lemas, serta sulit konsentrasi, serta gejala lainnya, sehingga diperlukan pengobatan dan perawatan medis untuk mengatasinya.

Baca juga: Mengantuk Terus Kekurangan Vitamin Apa? Berikut 10 Daftarnya…

  • Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 bisa membuat tubuh tidak bisa menggunakan glukosa dengan baik sehingga terjadi penumpukan di dalam tubuh.

Salah satu gejala diabetes tipe 2 adalah kelelahan dan mudah mengantuk, serta gejala lainnya, seperti haus terus-menerus, sering buang air kecil, dan mengalami penurunan berat badan.

  • Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang bisa berdampak negatif pada kualitas tidur, pola makan, dan perasaan terhadap diri sendiri serta orang lain.

Depresi umumnya bisa mengurangi energi, serta mengubah pola makan dan tidur, sehingga membuat Anda merasa cepat lelah dan mengantuk.

  • Kelelahan kronis

Orang-orang yang mengalami sindrom kelelahan kronis akan mengalami kesulitan untuk beraktivitas secara normal dan mudah merasa lelah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau