Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mengantuk Terus padahal Cukup Tidur? Berikut 10 Penyebabnya…

Kompas.com - 22/01/2024, 07:30 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kurang tidur bisa membuat Anda merasa mengantuk saat bangun. Namun, kenapa mengantuk terus padahal sudah cukup tidur?

Ternyata, kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor kebiasaan dan masalah kesehatan tertentu yang membuat Anda merasa sangat mengantuk, seperti gangguan tiroid dan apnea tidur.

Untuk lebih jelasnya, ketahui penyebab mengantuk terus padahal cukup tidur berikut ini.

Baca juga: 8 Penyebab Badan Cepat Lelah dan Mengantuk, serta Cara Mengatasinya

Kenapa mengantuk terus padahal cukup tidur?

Ternyata, sering mengantuk padahal sudah cukup tidur dapat disebabkan oleh faktor kebiasaan dan masalah kesehatan tertentu.

Disarikan dari Healthline dan Cleveland Clinic, berikut adalah beberapa penyebab mengantuk terus padahal cukup tidur yang perlu diketahui.

Beberapa gangguan tidur dapat menurunkan kualitas tidur di malam hari sehingga Anda akan tetap merasa mengantuk saat bangun.

Beberapa gangguan tidur yang kerap dialami, seperti insomnia, apnea tidur, sindrom kaki gelisah, narkolepsi, dan hipersomnia.

  • Mengalami gangguan tiroid

Rasa kantuk yang muncul meskipun sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup bisa jadi merupakan gejala gangguan tiroid.

Masalah kesehatan ini disebabkan oleh kelenjar tiroid yang tidak bisa memproduksi hormon tiroid sehingga metabolisme tubuh melambat dan membuat Anda cepat mengantuk atau lelah.

Baca juga: Kenapa Sering Mengantuk setelah Makan? Kenali 4 Penyebabnya Berikut...

  • Mengalami gangguan dari lingkungan

Gangguan dari lingkungan bisa menurunkan kualitas tidur tanpa Anda sadari.

Suara berisik atau kamar tidur yang terlalu panas dapat mengganggu tidur sehingga tidak akan merasa nyenyak dan tetap mengantuk saat bangun tidur.

  • Memiliki kebiasaan makan makanan yang tidak sehat

Kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, termasuk mengonsumsi minuman beralkohol, dapat menurunkan kualitas tidur sehingga Anda akan terus merasa mengantuk di siang hari.

Makanan yang tidak sehat juga tidak akan mencukupi kebutuhan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga Anda tidak akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas.

  • Mengalami gangguan kesehatan mental

Gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi, dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk dan lelah meskipun sudah mendapatkan tidur yang cukup.

Beberapa orang yang mengalami gangguan kesehatan mental juga akan terbangun di pagi hari dan tidak bisa tidur lagi sehingga akan merasa mengantuk di siang hari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com