Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gula Darah Rendah Menyebabkan Penyakit Apa? Berikut 7 Daftarnya…

Kompas.com - 13/09/2024, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Gula darah rendah terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan gula (glukosa) yang cukup di dalam darah. Lalu, gula darah rendah menyebabkan penyakit apa?

Ternyata, gula darah rendah yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan beberapa kondisi atau masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk pingsan, koma, atau kematian.

Gula darah rendah, atau hipoglikemia, bisa diatasi dengan mengonsumsi karbohidrat, seperti buah dan jus. Namun, hipoglikemia yang sudah parah perlu diatasi dengan injeksi glukagon.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa komplikasi gula darah rendah dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca juga: Apa yang Dirasakan jika Gula Darah Rendah? Berikut Penjelasannya…

Gula darah rendah menyebabkan penyakit apa?

Ternyata, beberapa jenis penyakit atau masalah kesehatan bisa terjadi sebagai akibat gula darah rendah, termasuk pingsan, koma, atau kematian.

Dilansir dari Cleveland Clinic, hipoglikemia, atau gula darah rendah, yang tidak segera diatasi bisa mengancam nyawa dan menyebabkan beberapa komplikasi, seperti:

  • Disfungsi multi-organ, kegagalan dari dua organ, atau lebih, karena kejadian akut
  • Aritmia, di mana irama denyut jantung tidak teratur, seperti lebih cepat maupun lebih lambat
  • Pingsan, atau kehilangan kesadaran sementara
  • Gagal jantung, di mana jantung tiba-tiba berhenti berfungsi secara mendadak sehingga membuat seseorang hilang kesadaran
  • Kerusakan otak permanen sehingga menyebabkan cacat intelektual atau membuat seseorang berada pada kondisi koma dan tidak bisa sadar kembali
  • Koma, atau hilang kesadaran dalam waktu lama
  • Kematian

Beberapa orang mungkin memiliki riwayat hipoglikemia yang terjadi secara berulang.

Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya, khususnya ketika seseorang mengalami diabetes, karena bisa tidak disadari dan membuat pengobatan terlambat untuk diberikan.

Untuk itu, orang-orang yang mengalami diabetes diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami hipoglikemia secara berulang agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Gula Darah Rendah?

Cara mengatasi gula darah rendah

Anda yang memiliki diabetes dan mengalami gejala gula darah rendah, seperti merasa sangat lapar, pening, berkeringat, gemetaran, dan merasa kebingungan, perlu melakukan tindakan perawatan yang diperlukan.

Dilansir dari NHS, terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi gula darah rendah, yakni:

  1. Makan atau minum sesuatu yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, seperti segelas jus buah atau minuman bersoda
  2. Memeriksa kadar gula darah dalam 10-15 menit
  3. Ketika kadar gula darah masih rendah, konsumsi makanan atau minuman manis lagi, dan periksa kadar gula darah kembali setelah 10 menit
  4. Ketika gejala hipoglikemia berangsur membaik dan kadar gula darah di atas 4 mmol/L, Anda diimbau untuk makan sesuatu yang bisa meningkatkan kadar gula darah dalam waktu lama, seperti biskuit, atau makan besar

Namun, Anda yang mengalami gejala gula darah rendah parah, seperti kejang-kejang atau hilang kesadaran, memerlukan bantuan dari orang sekitar.

Hindari memberikan makanan atau minuman, dan berikan injeksi glukagon. Namun jika tidak tersedia, pemberian tindakan medis dengan segera sangat diperlukan untuk mencegah kondisi yang lebih serius.

Dengan memahami gula darah rendah menyebabkan penyakit apa, Anda kemudian bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan.

Selain melakukan pengobatan dari dokter, melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin sangat disarankan untuk menurunkan risiko hipoglikemia.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Gula Darah Rendah pada Wanita, Tak Hanya Lemas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau