Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2013, 10:29 WIB

TANYA:
 
Dokter, saya berusia 20 tahun menarche umur 12 tahun. Dari awal saya menarche sampai sekarang haid saya jarang teratur dok , terkadang setiap 2 sampai 5 bulan tak datang haid, terus waktu saya umur 17 tahun haid saya datang setiap bulan tapi setelah saya umur 17 tahun haid saya kembali tidak teratur sampai sekarang, sekarang saya sudah 5 bulan tidak haid.
 
Pertanyaannya, bagaimana kondisi saya dok? saya belum siap untuk memeriksakannya dan USG. Setiap saya bertanya ke dosen saya bagian kesehatan, kata mereka mungkin karena hormon saya yang belum stabil, tapi saya sudah berumur 20 tahun dok, apakah mungkin hormon saya belum juga stabil ? Menurut dokter yang saya alami ini penyakit apa dok? Terimakasih, Mohon Penjelasannya.
 
Widya Tambunan, Medan.


JAWAB:
Widya Yth,
Pada wanita yang belum menikah, keadaan haid yang tidak teratur jangan terlalu dicemaskan. Upayakan untuk periksa ke dokter kandungan, pemeriksaan USG adalah yang terbaik saat ini. Bila tidak ada kelainan fisik seperti miom atau kista, maka Anda tidak perlu cemas. Upayakan saja hidup sehat , cukup olah raga dan istirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com